DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Perikanan Tempirai (Stage Trap) di Desa Sukaramai Kecamatan Manismata Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat
PENGARANG:Dita Ramanda Sari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


 ABSTRAK

Dita Ramanda Sari (1810713220005), Program Studi Perikanan Tangkap. Analisis Perikanan Tempirai Di Desa Sukaramai Kecamatan Manismata Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Dibawah Bimbingan Ir. Iriansyah, M.Si., Sebagai Ketua Pembimbing dan Aulia Azhar Wahab, S.Pi, M.Si., Sebagai Anggota Pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui konstruksi tempirai yang dioperasikan, Mengetahui kelayakan usaha finansial perikanan tempirai, dan Mengetahui hasil tangkapan per upaya penangkapan dan produktivitas tempirai yang digunakan di desa Sukaramai kalimantan Barat. Waktu penelitian kurang lebih 6 bulan dari Januari – Juni 2022. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Perikanan Tempirai di Desa Sukaramai layak dan menguntungkan dengan indikator R/C > 5,84. Payback period yang dibutuhkan untuk mengembalikan modal yang sudah diinvestasikan memerlukan waktu selama 0,34 tahun dan ROI menunjukan bahwa usaha perikanan nelayan Tempirai mendapat keuntungan dalam setiap biaya yang diinvestasikan sebesar 2,92 %.Produktivitas alat tangkap yang tertinggi 0,9 kg/unit, sedangkan produktivitas Tempirai yang terendah adalah 0,05 kg/trip penangkapan.

 

 

Kata Kunci : Tempirai (Stage trap), R/C, Payback Period, ROI, Produktivitas

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI