DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING IMUNISASI LOGISTIK ELEKTRONIK (SMILE) PADA UPT INSTALASI FARMASI KABUPATEN BANJAR (STUDI PADA PENGELOLAAN VAKSIN COVID 19)
PENGARANG:Sabella Hidayanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


Sabella Hidayanti, 181041220018, 2022, “Implementasi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik Elektronik (SMILE) Pada UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar (Studi Pada Pengelolaan Vaksin Covid 19)” di bawah bimbingan Erma Ariyani.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan serta monitoring dan evaluasi, dimana keseluruhan tahapan ini akan didukung oleh sistem informasi terintegrasi.  SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik) adalah salah satu aplikasi yang terintegrasi dalam sistem tersebut. SMILE menyangga lalu - lintas informasi sepanjang lini berikut : distribusi logistik, pelaporan, dan pemantauan-evaluasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program SMILE di Kabupaten Banjar serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengaplikasian SMILE.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yang memberikan gambaran mengenai implementasi SMILE dalam pengelolaan vaksin Covid-19 di UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar dengan prosedur reduksi data dan penyajian data untuk kemudian ditarik suatu kesimpulan.

Berdasarkan indikator implementasi kebijakan publik dari George Edward III yaitu indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur organisasi, bahwa hanya indikator komunikasi yang mendukung dalam penerapan SMILE, maka penerapan SMILE di UPT Instalasi Farmasi Kabupaten Banjar masih kurang optimal dalam  penerapannya. Sehingga disarankan untuk  penambahan tenaga pengelola vaksin pemegang SMILE, pelatihan secara rutin dan penambahan sarana wifi di puskesmas.

 

 

Kata kunci : Covid 19, Implementasi, SMILE.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI