DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA RUAS JALAN GUNUNG BATU KABUPATEN TAPIN (STA 0+000 – 1+451)
PENGARANG:M. Saufi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


Perencanaan peningkatan jalan merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan lalu lintas, oleh karena itu diperlukan kualitas jalan yang  memerlukan metode efektif dalam perencanaan maupun perancangan agar hasil yang diperoleh baik dan ekonomis, tetapi memenuhi unsur kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengguna jalan. Penggunaan Autocad Civil 3D 2018 merupakan salah satu cara yang dapat mempermudah dalam perencanaan geometrik jalan raya. Ruas jalan Gunung Batu adalah ruas jalan yang berada di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin yang termasuk klasifikasi jalan lokal dengan kondisi medan perbukitan. Kecepatan rencana geometrik jalan yaitu 40 km/jam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi rencana alinyemen horizontal yang sudah ada apakah sudah memenuhi standar Bina Marga 1997 dan memberikan desain alternatif alinyemen horizontal dan vertikal dibantu software Autocad Civil 3D 2018.

Metode yang digunakan adalah mengikuti standar acuan dari AASHTO 2011, namun untuk kriteria studi menggunakan standar Bina Marga 1997. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini yaitu Studi Pustaka (Literatur), Data Primer dan Data Sekuder.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa Alinyemen Horizontal pada lokasi yang ditinjau mempunyai 26 tikungan dengan jenis Full Circle, terdapat 18 tikungan yang tidak memenuhi syarat perencanaan geometrik dimana tikungan tersebut tidak memenuhi syarat nilai R min (jari-jari minimum) untuk penggunaan jenis tikungan Full Circle sesuai kecepatan rencana. Desain alternatif yang diberikan menghasilkan trase sepanjang 1+445,59 km, Alinyemen Horizontal sebanyak 22 tikungan (FC), Alinyemen Vertikal sebanyak 21 lengkung Cembung dan 21 Lengkung Cekung. Analisa hasil perhitungan Cut and Fill desain diperoleh: Cut = 8458,13 m3 dan Fill = 3286,62 m3.

 

Kata kunci: Geometrik Jalan, Autocad Civil 3D 2018

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI