DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS APLIKASI DUKCAPIL BANJARBARU MOBILE TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BANJARBARU PADA MASA PANDEMI COVID-19
PENGARANG:WIDYA WATI ROHMATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


ABSTRAK

Widya Wati Rohmatul Jannah 1810413620025 Efektivitas Aplikasi Dukcapil Banjarbaru Mobile terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru pada masa Pandemi covid-19 dibimbing oleh Samahuddin Muharram. 

        Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aplikasi dukcapil banjarbaru mobile terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru pada masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan informan penelitian yang terdiri dari Kepala Bidang PIAK & PD, masyarakat pengguna aplikasi dan masyarakat bukan pengguna aplikasi. 

      Penelitian ini menggunakan tiga indikator efektivitas yaitu pencapaian tujuan, integrasi dan adaptasi.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas aplikasi dukcapil banjarbaru mobile terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru pada masa pandemi covid-19 sudah efektif.. Dilihat dari tercapainya target yang diinginkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarbaru dalam pencapain tujuan serta berbagai upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala-kendala selama proses penyelenggaraan aplikasi dukcapil banjarbaru mobile melalui Help-Desk dan WhatsApp Center.

        Sosialisasi secara menyeluruh perlu dilakukan di seluruh Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Banjarbaru  untuk menginfokan adanya aplikasi dukcapil banjarbaru mobile secara merata kepada seluruh masyarakat. Tujuannya untuk dapat membantu masyarakat beradaptasi dengan keadaan serba digital pada masa pandemi covid-19.

Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan Publik, Pandemi Covid-19, Pencapaian Tujuan, Integrasi, Adaptasi 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI