DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PEMASARAN IKAN AIR TAWAR DI PASAR KERAMAT BARABAI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SOGIAN TONI
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN
TANGGAL:2018-07-31


Ikan air tawar adalah ikan yang tinggal dan berkembang biak di air yang tidak banyak mengandung larutan garam dan larutan mineral didalamnya seperti sungai, danau, waduk atau setu. Salah satu sentral pemasaran ikan air tawar segar sebagai ikan konsumsi yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah adalah Pasar Keramat Barabai.
Penelitian ini dilakukan di Pasar Keramat Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Waktu yang diperlukan dalam penelitian ini adalah 7 bulan. Teknik pengambilan sampel lokasi penelitian ini ditetapkan secara sengaja (purposive sampling) yaitu di Pasar Keramat Barabai, karena merupakan pasar terbesar di wilayah Barabai dan merupakan tempat pedagang pengecer membeli ikan untuk dijual kembali kepada konsumen. Sampel responden untuk mengetahui rantai pemasaran menggunakan metode penelusuran (Snow Balls Sampling). Analisis data yang digunakan ialah mengidentifikasi ikan secara desktiptif, saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan peluang pasar. Hasil dari penelitian ini adalah ada sembilan jenis ikan air tawar yang diperdagangkan di pasar Keramat Barabai yaitu Ikan Belut, Betok, Gabus, Mas, Nila, Patin, Sepat, Sepat Siam, dan Toman. Saluran pemasaran ikan air tawar mempunyai 1 pola pemasaran yaitu saluran pertama dari produsen ke pengumpul dari daerah produsen, atau pengumpul yang mengumpulkan ikan hasil produksi dari daerah Amuntai dan Nagara lalu membawa ikan tersebut ke Pasar Keramat Barabai dan menjualnya pada para pedagang pengumpul di Pasar Keramat kemudian ke pengecer ke konsumen akhir. Bagian harga (Farmer’s share) yang diterima jika di rata-rata maka share produsen mencapai 59,33% dinyatakan harga yang diterima oleh produsen ikan efisien dan layak untuk dilanjutkan karena bagian harga yang diterima diatas 50%. Akan tetapi ada jenis ikan yang share nya tidak mencapai 50%. Hasil perhitungan yang di lakukan, diketahui bahwa margin pemasaran ikan Betok merupakan yang tertinggi mencapai Rp. 17.000,00 dan yang terendah yaitu ikan sepat yang hanya Rp. 9.000,00. Peluang pasar untuk usaha ikan air tawar di pasar Keramat Barabai terutama untuk jenis ikan Gabus, Betok, dan Toman mempunyai peluang pasar yang dapat dilanjutkan usahanya dan prospeknya cukup bagus karena sering para pedagang pengumpul kekurangan ikan tersebut untuk di distribusikan kepasar Keramat Barabai.
Kata Kunci : Ikan Air Tawar, Analisis Pemasaran, Analisis Margin, Pasar Keramat Barabai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI