DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI DANA BAGI HASIL PERTAMBANGAN UMUM MINERAL DAN BATUBARA TERHADAP PENDANAAN DESENTRALISASI KABUPATEN PENGHASIL MINERBA YANG ADA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2016-2020
PENGARANG:Rahmi Safitri
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-23


ABSTRAK

Rahmi Safitri (2022) Kontribusi Dana Bagi Hasil Pertambangan Umum Mineral dan Batubara Terhadap Pendanaan Desentralisasi Kabupaten Penghasil Minerba yang Ada Di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2016-2020 : Yunita Sopiana, S.E., M.S.E.

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi bagaimana peranan Dana Bagi Hasil Pertambangan Umum Mineral dan Batubara meliputi Iuran Tetap (Landrent) dan Iuran Eksplorasi Dan Eksploitasi (Royalty) terhadap Pendapatan Daerah, Belanja Daerah serta Dana Perimbangan Kabupaten Penghasil Minerba Provinsi Kalimantan Selatan dari tahun 2016-2020 dengan menggunakan tiga alat ukur analisis yaitu analisis kontribusi, analisis serapan anggaran, dan analisis trend yang meliputi trend pertumbuhan dan peramalan yang bersifat deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder time series (runtut waktu).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kontribusi Iuran Tetap (Landrent) terhadap dana perimbangan dan APBD semua Kabupaten Penghasil Minerba di Provinsi Kalimantan Selatan menunjukkan kategori sangat kurang. Sedangkan kontribusi Iuran Eksplorasi Dan Eksploitasi (Royalty) terhadap dana perimbangan dan APBD Kabupaten Penghasil Minerba di Provinsi Kalimantan Selatan secara rata-rata menunjukkan kategori beragam cenderung cukup baik, adapun Kabupaten yang sangat bergantung adalah Kabupaten Balangan. Rasio serapan anggaran pada Iuran Tetap (Landrent) secara rata-rata menunjukkan hasil sangat baik kecuali Kabupaten Kotabaru dan Balangan yang kategori nya cukup dan baik. Selanjutnya untuk kategori serapan anggaran Iuran Eksplorasi Dan Eksploitasi (Royalty) secara rata-rata menunjukkan bahwa semua Kabupaten sudah berada dikategori sangat baik kecuali Kabupaten Kotabaru yang berkategori cukup. Analisis trend pertumbuhan Iuran Tetap (Landrent) dan Iuran Eksplorasi Dan Eksploitasi (Royalty) secara rata-rata semua Kabupaten Penghasil Minerba mengalami pertumbuhan yang berfluktuasi cenderung menurun dari tahun 2016-2020. Analisis trend peramalan menunjukkan bahwa secara rata-rata pertumbuhan Iuran Tetap (Landrent) hanya 2 Kabupaten yang pertumbuhan proyeksinya positif dari tahun 2021-2025 yaitu Kotabaru dan Tabalong sedangkan sisanya pertumbuhan proyeksi nya negatif. Sedangkan untuk Iuran Eksplorasi Dan Eksploitasi (Royalty) ada 4 Kabupaten yang pertumbuhan proyeksinya positif dari tahun 2021-2025 sedangkan 4 Kabupaten lain pertumbuhan proyeksinya negatif.

 

 

 

 

Kata kunci : Dana Bagi Hasil Pertambangan Umum Mineral dan Batubara, Iuran Tetap, Iuran Eksplorasi dan Eksploitasi, Dana Perimbangan, Pendapatam Daerah Belanja Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI