DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI DISIPLIN DAN IKLIM KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN TANJUNG
PENGARANG:RIKHE ADRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


 

Adriani, Rikhe. 2022. Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru melalui Disiplin dan Iklim Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanjung. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Drs. Sulaiman, M.Pd.,Ph.D. Pembimbing II: Dr.H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

 

 

Kata Kunci: Transformasional, Profesionalisme, Disiplin, Iklim Kerja Guru

 

 

 

Guru profesional merupakan seseorang yang memiliki keahlian khusus untuk menyelenggarakan proses pendidikan melalui kegiatan pembelajaran. Guru mempunyai fungsi sangat penting karena menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalisme guru melalui disiplin dan iklim kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Tanjung.

 

Penelitian ini merupakan penelitian regresionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis).  Populasi penelitian sebanyak 314 guru dari 33 sekolah dan diambil 176 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik Simple Proportionate Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien regresi variabel adalah angka positif seperti kepemimpinan transformasional (X) danprofesionalisme guru (Y) sebesar 0,247, kepemimpinan transformasional (X) dandisiplin (Z1) sebesar 0,388, kepemimpinan transformasional (X)  dan iklim kerja (Z2) sebesar 0,836, disiplin (Z1) dan profesionalisme guru (Y) sebesar 0,176, iklim kerja (Z2)danprofesionalisme guru (Y) sebesar 0,439, kepemimpinan transformasional (X) dan profesionalisme guru (Y) melalui disiplin (Z1) sebesar 0,068 dankepemimpinan transformasional (X) dan profesionalisme guru (Y) melalui iklim kerja (Z2) sebesar 0,367.

 

.Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan kepemimpinan transformasional (X), disiplin (Z1), iklim kerja (Z2) dan profesionalisme guru (Y). Terdapat hubugnan tidak langsung kepemimpinan transformasional (X) profesionalisme guru (Y) melalui disiplin (Z1) atau iklim kerja (Z2) guru SDN Kecamatan Tanjung .

 

Saran kepada kepala sekolah lebih memotivasi dengan memberikan penghargaan atau pujian atas faktor kemampuan dan keahlian yang dicapai juga memberikan perhatian dan tanggapan atas penyampaian ide atau saran diberikan yang berguna demi kemajuan sekolah.Guru harus lebih meningkatkan profesionalismenya dalam pembelajaran seperti penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI