DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH UNGGUL (STUDI MULTI KASUS PADA SDN 2 TANJUNG DAN SD SILN KUALA LUMPUR)
PENGARANG:ZAINATIR RAIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


ABSTRAK

 

Zainatir Raiyah. 2022. Manajemen Kurikulum Sekolah Unggul (Studi Multi Kasus di SDN 2 Tanjung dan SD SILN Kuala Lumpur). Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Lambung Mangkurat.

Pembimbing 1: Prof. Dr. H. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D dan Pembimbing 2: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Sekolah Unggul

 

SDN 2 Tanjung dan SD SILN Kuala Lumpur sama-sama merupakan sekolah unggul namun memiliki latar belakang tempat dan suasana yang berbeda. SDN 2 Tanjung Sekolah Indonesia yang bertempat di dalam negeri sedangkan SD SILN Kuala Lumpur bertempat di Luar Negeri. Terdapat perbedaan mencolok pada latar belakang suasananya, di mana para peserta didik mayoritas dari penduduk lokal dengan adat istiadat Banjar dan hidup di dalam lingkup aturan Indonesia penuh. Sedangkan peserta didik SD SILN Kuala Lumpur berasal dari suku yang beragam dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga suasana heterogenitas budaya yang ada di sekolah tersebut sangat terasa, selain itu mereka hidup sehari-hari di luar negeri dengan tidak hanya memegang aturan atau hukun Indonesia melainkan juga terikat dengan aturan dan hukum negara Malaysia. Sehingga konteks dalam penelitian sekolah unggul ini akan memuat dua kasus sekolah dengan latar belakang yang berbeda.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum sekolah unggul yang akan memuat dua kasus sekolah dengan latar belakang yang berbeda. manajemen kurikulum yang unggul akan mencetak kualitas lulusan yang unggul sehingga nilai-nilai dan layanan baru diciptakan terus-menerus, membuat kehidupan manusia lebih selaras dan berkelanjutan dan mampu menjadi penggerak masyarakat 5.0, masyarakat yang super cerdas.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi multi kasus.Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Observasi partisifasi dan dokumentasi. Responden penelitian bersifat snow-ball. Teknik analisis data menggunakan model Creswell (2014). Keabsahan data digunakan kriteria kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan komfirmabilitas.

Kesimpulan penelitian adalah manajemen kurikulum sekolah unggul SDN 2 Tanjung dengan penginternalisasian budaya dengan temuan menonjol sebagai berikut pada tahap perencanaan menggunakan pendekatan pendekatan grass roots approach, pada bagian pelaksanaan terdapat pendekatan saintifik, pada tahap sistem penilaian terdapat pendekatan penilaian autentik dan pada bagian pengembangan profesi guru terdapat pendekatan from the down to top sedangkan manajemen kurikulum sekolah SD SILN Kuala Lumpur adalah dengan kurikulum yang diselaraskan yakni pada bagian perencanaan terdapat pendekatan admnistrative approach, pada bagian pelaksanaan terdapat pendekatan living curriculum, pada bagian sistem penilaian terdapat pendekatan living curriculum value serta pada bagian pengembangan profesi guru terdapat pendekatan from the top to down.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI