DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT TERHADAP PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD DR. MURJANI SAMPIT (Studi Kasus Hubungan Interpersonal Antara Perawat Dan Pasien Rawat Inap)
PENGARANG:ADINDA SHOHIBA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


ABSTRAK

 

Adinda Shohiba. D1C115042. 2022. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di RSUD dr. Murjani Sampit (Studi Kasus Hubungan Interpersonal Antara Perawat Dan Pasien Rawat Inap). Dibawah bimbingan Bachruddin Ali Akhmad dan Noviana Sari.

 

            Pelayanan kesehatan di rumah sakit saat ini sering mengalami keluhan dari pasien dimana perawat dianggap tidak memiliki komunikasi interpersonal yang baik dan tidak efektif, padahal komunikasi Interpersonal perawat sangatlah penting bagi proses kesembuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan dengan Indikator yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif dan kesetaraan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah perawat pelaksana ruangan Bougenville dan ruangan Serojadan pasien rawat inap di RSUD dr. Murjani Sampit. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman.

           

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas komunikasi interpersonal antara perawat pelaksana ruangan Bougenville dan seroja dengan pasien rawat inap di  RSUD Dr. Murjani Sampit, dapat disimpulkan belum maksimal karena terdapat kekurangan pada pola komunikasi interpersonal yaitu dukungan (Supportiviness). Bentuk komunikasi Interpersonal (terapeutik) perawat di dalamnya masih menjadi keluhan bagi pasien karena dari sudut pandang pasien melihat bahwa perawat yang betugas saat itu tidak ramah dan judes terhadap pasien sehingga membuat pasien tidak bersemangat untuk menjalani perawatan. Komunikasi interpersonal antara perawat dan pasien di RSUD dr.Murjani Sampit dapat di katakan tidak efektif.

 

Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Perawat, Pasien, Pelayanan kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI