DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA MATERI KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL DI MAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MITA ADIATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


ABSTRAK

Mita Adiata, 2021. Pengaruh ModelProblem Based Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Materi Kerja Sama Ekonomi Internasional Di MAN 1 Banjarmasin.Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Dr. Muhammad Rahmatullah, M.Pd).

Penelitian ini memiliki tujuan bagaimana penerapan dari model problem based instruction mempengaruhi kemampuan berpikir kritis pada siswa materi kerjasama ekonomi internasional di Man 1 Banjarmasin. Mengggunakan metode kuantitatif komparatif serta sampel yang diambil purposive sampling, ialah sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas XI IIS 2 dan untuk kontrol adalah XI IIS 3, masing-masing  berjumlah 31. Penelitian ini menggunakan variabel model problem based insctruction (X) dan kemampuan berpikir kritis (Y). Analisis dengan menggunakan angket dan amatan. Didapatkan hasil : (1) amatan keaktifan siswa nilai t-hitung sebesar 4,388 (2) amatan keaktifan diskusi dan presentasi siswa dengan nilai sebesar 10,804, bisa diartikan adanya perbedaan aktifnya siswa saat kegiatan belajar dan keaktifan diskusi dan presentasi siswa antara dua kelompok tersebut yakni eksperimen dan kontrol. (3) uji-t kemampuan berpikir kritis menghasilkan nilai t-hitung 21,364 dan nilai t-tabel 1,67065 dengan syarat t-hitung harus lebih besar dari t-tabel dengan taraf kesalahan 5%. Dapat diartikan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis setelah dilaksanakannya model problem based instruction antara 2 kelompok tersebut, yang mana kelompok eksperimen lebih baik, sehingga model problem based isntcrution dapat diakatakan berpengaruh positif.

 

Kata kunci :  Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kemampuan Berpikir Kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI