DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PENDIDIKAN NILAI AGAMA MORAL, POLA ASUH ORANG TUA, PERSEPSI ANAK TENTANG SEKS DAN PERILAKU SEKS ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK GUGUS LEMBAYUNG PAGI KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA AGESY SHOLIHIN PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


Putri, Annisa, Agesy S. 2022. Hubungan Pendidikan Nilai Agama Moral, Pola Asuh Orang Tua, Persepsi Anak Tentang Pendidikan Seks, dan Perilaku Seks Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Tesis. Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd (2) Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata Kunci: Pendidikan Nilai Agama Moral. Pola Asuh Orang Tua, Persepsi Anak Tentang Pendidikan Seks, Perilaku Seks Anak Usia Dini.

 

Data yang diperoleh dari penelitian Okvitasari (2018) diperoleh informasi dari Polresta Banjarmasin, bahwa sejumah perkara pada tahun 2017 kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur dengan target anak-anak sebanyak 30 kejadian dan pelaku anak sejumlah 11 kasus, untuk Banjarmasin selatan sendiri ada 7 kasus. Kemudian observasi di lapangan menemukan beberapa orang tua yang cenderung membiarkan anaknya berbicara tidak baik dan ada pula yang membiarkan anaknya berlarian tanpa menggunakan pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: Gambaran pendidikan nilai agama moral, pola asuh orang tua, persepsi anak tentang pendidikan seks, perilaku seks anak usia dini; hubungan pendidikan nilai agama moral dengan perilaku seks anak usia dini; hubungan  pola asuh orang tua dengan perilaku seks anak usia dini: hubungan pendidikan nilai agama dan moral dengan persepsi anak tentang pendidikan seks; hubungan pola asuh orang tua dengan persepsi anak tentang pendidikan seks; hubungan persepsi anak tentang pendidikan seks dengan perilaku seks anak usia dini. hubungan tidak langsung antara pendidikan nilai agama dan moral melalui persepsi anak tentang pendidikan seks terhadap perilaku seks anak usia dini, hubungan tidak langsung antara pola asuh orang tua melalui persepsi anak tentang pendidikan seks terhadap perilaku seks anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 197 orang tua. Instrument pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan langsung: pendidikan nilai agama moral dengan perilaku seks anak usia dini sebesar 0,294; pola asuh orang tua dengan perilaku seks anak usia dini sebesar 0,369: pendidikan nilai agama dan moral dengan persepsi anak tentang pendidikan seks sebesar 0,704; pola asuh orang tua dengan persepsi anak tentang pendidikan seks sebesar 0,639; persepsi anak tentang pendidikan seks dengan perilaku seks anak usia dini sebesar 0,239; pendidikan nilai agama dan moral melalui persepsi anak tentang pendidikan seks terhadap perilaku seks anak usia dini sebesar 0,689; pola asuh orang tua melalui persepsi anak tentang pendidikan seks terhadap perilaku seks anak usia dini sebesar 0,574.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan pendidikan nilai agama moral, pola asuh orang tua, persepsi anak tentang pendidikan seks dengan perilaku seks anak usia dini di Taman kanak-kanak Gugus Lembayung Pagi Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Disarankan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam pembentukan perilaku anak untuk memberikan pendidikan nilai agama moral dan menumbuhkan persepsi yang baik tentang pendidikan seks kepada anak terutama orang tua dapat memberikan pola asuh yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam proses belajarnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI