DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Sarkasme pada Komentar Netizen tentang Covid-19 di Media Sosial Instagram Lembaga Kesehatan Indonesia
PENGARANG:M. HAIKAL WAHYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


Sarkasme diartikan sebagai penggunaan kata, frasa, dan kalimat kasar untuk menyakiti hati orang, ejekan kasar atau cemoohan. Netizen banyak sekali menuturkan atau menuliskan ujaran yang kasar dalam berkomentar di media sosial Instagram Lembaga Kesehatan Indonesia tanpa mempertimbangkan perasaann. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti sarkasme pada komentar netizen tentang Covid-19 di media sosial Instagram Lembaga Kesehatan Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan fungsisarkasme pada komentar tersebut.

     Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatandeskriptif kualitatif. Sumber data berasal  dari akun @kemenkes_ri, @lawancovid_19, dan @satgascovid.19.id. Data yang dikumpulkan berupa kata, frasa, dan kalimatsarkasme pada kolom komentar di media sosial Instagram Lembaga Kesehatan Indonesia @kemenkes_ri, @lawancovid_19, dan @satgascovid.19.

     Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sarkasme pada komentar netizen tentang Covid-19 di akun Instagram Lembaga Kesehatan Indonesia @kemenkes_ri, @lawancovid19_id, @satgascovid19.id terdapat empat wujud sarkasme, yaitu (1) sarkasme sebutan, (2) sarkasme sifat, (3) sarkasme leksikal, (4) sarkasme ilokusi. Data yang terkumpul dalam penelitian berjumlah 65 buah dari ketiga akun tersebut. Data 1-45 berupa wujud sarkasme sebutan. Data 46-54 berupa wujud sarkasme sifat. Data 55-63 berupa sarkasme leksikal. Data 64-65 berupa sarkasme ilokusi. Fungsi bahasa sarkasme yang merujuk kepada wujud bahasa sarkasme terdapat tiga fungsi (1) sebagai bentuk penyampaian pendapat, (2) sebagai bentuk penyampaian penegasan, dan (3) sebagai bentuk penyampaian larangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI