DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid 19 di MTsN 1 Banjar Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar
PENGARANG:NURHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-24


Pembelajaran online di MTsN 1 Banjar yang berjalan kurang lebih 18 bulan pembelajaran banyak yang tidak berjalan 100%  banyak siswa yang tidak masuk ke Google classroom dan banyak yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru mata pelajaran dengan menggunakan google form. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran online yang dilaksanakan di MTsN 1 Banjar, (2) Mengetahui sejauh mana keterlibatan orang tua dalam proses pendampingan pembelajaran   online di MTsN 1 Banjar, dan (3) Mengetahui apa saja hambatan dan solusi dalam pembelajaraan online di MTsN 1 Banjar.

Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil Penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. 

Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Kondisi pembelajaran online yang dilaksanakan di MTsN 1 Banjar dilakukan dengan keadaan yang belum siap. (2) Keterlibatan orang tua terhadap proses peran dan pendampingan belajar online anak di MTsN 1 Banjar mempunyai banyak permasalahan. (3) Ketidaksiapan orang tua jadi guru bagi anaknya menggantikan peranan guru disekolah. Cara yang dilakukan yaitu memahami bagaimana gaya belajar anak, orang tua perlu melatih kesabaran, orang tua memastikan ketersediaan peralatan dan orang tua perlu konsultasi dengan guru.Berdasarkan hasil Penelitian ini disarankan kepada (1) Guru MTsN 1 Banjar agar lebih bisa berkreatif dalam menggunakan media pembelajaran sehingga menghasilkan media pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa (2) Bagi keluarga dan orang tua siswa diharapkaan terus membimbing dan mendampingi anak-anak mereka dirumah dalam pembelajaran online maupun pembelajaran tatap muka terbatas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI