DIGITAL LIBRARY



JUDUL: KONSUMSI MASYARAKAT DI KECAMATAN BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:NADA AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-27


ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi konsumsi masyarakat, Marginal Propensity to Consume (MPC) dan hubungan konsumsi pangan dengan pendapatan di Kecamatan Banjarmasin Barat.

Penelitian ini dilakukan pada kepala keluarga di Kecamatan Banjarmasin Barat dengan mewawancarai 100 pekerja (laki-laki atau perempuan). Responden ini dipilih dari 40.416 kepala keluarga (pekerja) yang diambil dengan menggunakan simpel random sampling. Jumlah sampel terdiri dari 84 laki-laki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan skala rasio dan nominal (dummy0-1).

Melalui metode regresi linier diketahui bahwa baik variabel bebas – variabel Pendapatan dan Aset berpengaruh signifikan dan positif terhadap konsumsi dengan koefisien masing-masing sebesar 0,6831 dan 0,0004. Variabel pendidikan dan umur tidak diperhitungkan karena keduanya tidak berpengaruh signifikan terhadap Konsumsi.

Koefisien 0,6831 yang merupakan Marginal Propensity to Consume menunjukkan bahwa setiap kenaikan (penurunan) pendapatan sebesar Rp. 1 juta mengakibatkan peningkatan (penurunan) konsumsi di Kabupaten Banjarmasin Barat sebesar Rp. 683.100. Dan koefisien regresi aset sebesar 0,0004 menunjukkan bahwa rata-rata responden dengan aset sebesar Rp. 1 juta lebih tinggi (lebih rendah) akan meningkatkan (menurunkan) konsumsinya sebesar Rp. 400. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,955 menunjukkan bahwa 95,5% fluktuasi Konsumsi dijelaskan oleh variabel Pendapatan dan Aset.

Konsumsi makanan tampaknya menurun pada kelompok berpenghasilan rendah, namun regresi kuadrat tidak mendukung temuan ini.

Kata kunci : Income,Aset,Konsumsi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI