DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INVENTARISASI KETERDAPATAN MINERAL DAN BATUAN UNTUK PENDAYAGUNAAN SEMI PERMATA DI KECAMATAN ARANIO, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:R IZKY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-27


ABSTRAK

INVENTARISASI KETERDAPATAN MINERAL DAN BATUAN UNTUK PENDAYAGUNAAN SEMI PERMATA DI KECAMATAN ARANIO, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN

Rizky

Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung mangkurat

Kecamatan Aranio merupakan daerah terdapatnya mineral dan batuan yang bisa menjadi bahan baku batu semi permata. Secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Banjar. Secara geografis, Kecamatan Aranio terletak pada 30 9’ 34’’ - 30 17’ 58’’ Lintang Selatan (LS) dan 1150 7’ 50’’- 1150 5’ 13’’ Bujur Timur (BT). luas Kecamatan Aranio mencapai 65.00 Km2 .

Tahap – tahap pengumpulan data sampel yang dilakukan adalah dengan menyiapkan alat – alat seperti kamera digital, palu geologi, Global Possitioning system ( GPS ), dan kantong sampel. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara  survey di lapangan dan kegiatan tersebut menghasilkan data berupa sampel mineral dan batuan, koordinat sampel, deskripsi geologi daerah penelitian, serta data hasil tracking lintasan. Cara pengambilan sampel adalah dengan cara grab sampling dan chip sampling.

Dari hasil observasi lapangan dan hasil uji laboratorium diketahui jenis semi batu mulia yang terdapat di daerah penelitian terdiri dari jenis chalcedony, agate, jasper, quarzt. Ditemukan di ketinggian interval kontur 40 meter sampai 80 meter di garis kontur peta topografi Desa Aranio. Berdasarkan pedekatan luasan formasi batuan tersebut yang berkembang di daerah penelitian maka diperkirakan sebaran kelompok semi batu mulia pada formasi manunggul luas persebaran batuan semi permata sebesar 615,5 Ha, dan pada formasi aluvial persebaran luasnya sebesar 53,7 Ha.

 

Kata Kunci : Batu semi permata,  Endapan, Aranio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI