DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA PATAHAN POROS RODA BELAKANG (REAR AXLE SHAFT) KENDARAAN TRUK HINO 500
PENGARANG:SYAUQI RAHMAT FIRDAUS
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-31


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya patahan
dari poros roda belakang truk hino 500, penelitian ini dilakukan dengan metode
fractography (pengamatan secara visual dan pengamatan makro), pengujian
komposisi struktur logam, serta pemodelan beban dan penumpuan dengan
menggunakan software Autodesk Inventor 2018. Hasil pada penelitian ini diketahui
melalui metode fractography yang dilakukan pada patahan poros roda belakang,
diketahui awal mula retakan bermula pada cacat produksi pada material yang
mendapatkan pembebanan berulang dengan arah rambatan hingga terjadinya
patahan akhir, terlihat terdeformasi plastis yang terjadi berupa patahan ductile
(ulet), lalu dilakukan simulasi menggunakan autodesk inventor 2018 didapatkan
hasil analisis nilai tegangan von misses (64,51 Mpa), tegangan principal stress
(70,59 Mpa), dan tegangan von misses dengan moment puntir (3,441 Mpa) jauh
lebih kecil dari batas elastisitas material sebesar 689 MPa sehingga faktor
pembebanan pada poros roda belakang tidak menyebabkan terjadinya patahan.
Mekanisme kegagalan terjadi bermula dari cacat yang ada pada material
mendapat pembebanan berulang berlanjut hingga terjadinya retakan, kemudian
retakan merambat akibat beban berulang yang dapat terlihat pada adanya
beachmark, sehingga mengakibatkan material mengalami kelelahan (fatigue)
yang berakhir dengan dimana material tidak dapat menahan beban dan terjadi
patahan akhir pada poros roda belakang.
Kata Kunci : Patahan, Poros Roda Belakang, Fracktography, Pembebanan,
Beachmark

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI