DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STILISTIKA PUISI BERTEMA KEHIDUPAN PADA ANTOLOGI PUISI
PENGARANG:SUPER SUMANTO. S
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-27


Sumanto, Super S. 2022. Stilistika Puisi Bertema Kehidupan pada Antologi Puisi “Malam Ini Aku akan Tidur di Matamu” karya Joko Pinurbo. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Dr. Sabhan, M.Pd

 

Kata kunci: stilistika puisi, rima, diksi, citraan, majas

 

Stistika puisi berkaitan dengan gaya bahasa yang menjadi ciri khas penyair pada setiap karyanya. Penelitian ini penting dilakukan sebagai acuan bagi pembaca puisi untuk memahami dan dapat  merefleksi gaya bahasa yang dibuat oleh penyair pada setiap puisinya.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek stilistika puisi bertema kehidupan pada antologi puisi Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu karya Joko Pinurbo.

Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan stilistika. Langkah analisis data yakni mengelompokkan data berdasarkan aspek stilistika, menganalisis bentuk stilistika, mendeskripsikan bentuk stilistika, dan menyimpulkan hasil analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah aspek bunyi yang ditemukan sebanyak 348 data, dengan rima asonansi ada 199 kali pada 24 puisi, rima aliterasi ada 119 kali pada 24 puisi, rima rangkai ada 7 kali pada 6 puisi, rima silang ada 1 kali pada 1 puisi, rima berpaut ada 2 kali dari 3 puisi, rima kembar ada 1 kali dari 1 puisi, dan rima patah ada 19 kali dari 13 puisi. Jumlah diksi yang ditemukan sebanyak 196 kali dari 26 puisi. Jumlah citraan yang ditemukan sebanyak 204 data, dengan citraan pendengaran ada 32 kali dari 11 puisi, citraan penciuman ada 1 kali dari 1 puisi, citraan perabaan ada 9 kali dari 3 puisi, citraan pengecapan ada 3 kali dari 2 puisi, citraan penglihatan ada 123 kali dari 25 puisi, dan citraan gerak ada 36 kali dari 15 puisi. Majas yang ditemukan, ada 183 data, meliputi majas hiperbola ada 99 kali dari 23 puisi, majas simile ada 2 kali dari 1 puisi, majas personifikasi ada 70 kali dari 18 puisi, dan majas repetisi ada12 kali dari 4 puisi. Terdapat aspek stilistika yang meliputi pengulangan bunyi yang merdu, aspek diksi yang menjelaskan efek puitis, aspek citraan menggambarkan objek tindakan, perasaan, pikiran, ide, pernyataan pada pengalaman indera, dan aspek majas yang menjelaskan kepuitisan puisi. Ini berkaitan dengan gaya penulisan Joko Pinurbo, sesuai dengan puisinya yang mengandung refleksi dan absurditas.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI