DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KECIL ( STUDI : PADA PASAR TERAPUNG SIRING TENDEAN SUNGAI MARTAPURA )
PENGARANG:MUHAMMAD ARIPIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-27


ABSTRACT

 

Muhammad Aripin, 1610413610020, The Role of the Banjarmasin City Government in Improving the Welfare of Small Communities. (Study: At the Siring Tandean Floating Market, Martapura River). Supervised by Mr. Abdurrahman as thesis supervisor.

This study aims to determine the role of the Banjarmasin City Local Government in this case the Department of Culture and Tourism to improve the welfare of small communities, a study on the Floating Market Siring Tendean Martapura River. As well as to find out what obstacles are faced in improving the welfare of the community.

This research uses the type of field research, Field research is very appropriate to use because this method is a method to find the reality that occurs in the people of Banjarmasin City related to the Siring Tandean floating market. The nature of this research is descriptive qualitative which tends to use analysis.

The results of this study indicate that the role of the Banjarmasin City Government in improving the welfare of the people around the Siring Tendean Floating Market is quite successful with the efforts made by providing attractive, beautiful, and comfortable floating market facilities for visitor access, as well as empowering and protecting floating market traders siring tendean. This makes the surrounding community involved in ongoing economic activities so that they can find income for their daily needs.

 

Keywords: Role, Banjarmasin City Government, Improve Well-Being, small community

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Muhammad Aripin, 1610413610020,Peran Pemerintah Kota Banjarmasin dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecil (Studi: Pada Pasar Terapung Siring Tandean Sungai Martapura). Dibimbing oleh Bapak Abdurrahman selaku pembimbing skripsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pemerintah Daerah Kota Banjarmasin dalam hal ini yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil, studi pada Pasar Terapung Siring Tendean Sungai Martapura. Serta untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat tersebut.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), penelitian lapangan sangat tepat digunakan karena metode ini merupakan metode unntuk menemukan realita yang terjadi di masyarakat Kota Banjarmasin yang berkaitan dengan pasarterapung siring tandean. Sifat penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang cenderung menggunakan analisis.

Hasil penelitian ini menunjukkan peran Pemerintah Kota Banjarmasin dalam meningkatkan kesjahteraan masyrakat di sekitar Pasar Terapung Siring Tendean cukup berhasil dengan upaya yang dilakukan dengan mengadakan fasilitas pasar terapung yang menarik, indah, dan nyaman di akses pengunjung, serta dilakukannya pemberdayaan dan pengayoman kepada para pedagang pasar terapung siring tendean. Hal ini membuat  masyarakat sekitar ikut terlibat dalam aktivitas ekonomi yang berjalan sehingga bisa mencari penghasilan untuk kebutuhan hidup.Kendala yang dihadapi adalah terjadinya bencana non alam pandemi virus corona (covid-19). Sehingga program-program dan upaya yang akan dilakukan tidak dapat berjalan secara maksimal. Selain itu juga partispasi masyarakat yang kurang koperatif dalam menjaga kawasan Siring Tendean Kota Banjarmasin.

 

Kata Kunci: Peran, Pemerintah Kota Banjarmasin, Meningkatkan Kesejahteraan, Masyarakat Kecil

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI