DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kewenangan Pemerintah Desa Dalam Upaya Peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:Rinda Nor Hana Alin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


Rinda Nor Hana Alin, 1810413120002. Kewenangan Pemerintah Desa Dalam Upaya Peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, Di bawah bimbingan Bapak Pathurrahman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Pemerintah Desa dalam kewenangannya untuk peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sebamban Lama, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. Teknik analisa data yang di pakai adalah deskriptif kualitatif sesuai dengan data dan fakta dilapangan, dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh permasalahan penelitian.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kewenangan Pemerintah Desa dalam upaya peningkatan BUMDes Desa Sebamban Lama Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu sudah baik karena kewenangan Pemerintah Desa Sebamban Lama sudah terlaksana, seperti terjalannya Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Pemerintah Desa yang sesuai dalam memberikan kewenangannya ke BUMDes, hubungan serta alur koordinasi antara Pemerintah Desa dengan pengelola BUMDes berjalan dengan baik, dan Pemerintah Desa memberikan pembinaan serta pemberdayaan. Meskipun dalam pelaksanaannya ada beberapa kendala yang terjadi tetapi Pemerintah Desa Sebamban Lama sendiri berusaha untuk mengatasi hal tersebut dengan cara evaluasi dari kekurangan upaya peningkatan BUMDes dengan melibatkan masyarakat di dalamnya. Masyarakat serta Desa dapat merasakan manfaat dari kewenangan tersebut seperti hubungan kerjasama atau relasi dengan perusahaan yang terkait dengan BUMDes dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan.

Kata Kunci: Kewenangan, Pemerintah Desa, Peningkatan dan BUMDes.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI