DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NOVEL QOZAN “KEMBALIKAN HUTANKU” KARYA IMOGAIL ZAM ZAMI DJALALUDDIN DALAM KAJIAN EKOKRITIK
PENGARANG:SURYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


ABSTRAK

Suryanti. 2022. Novel Qozan: “Kembalikan Hutanku” Karya Imogail Zam Zami Djalaluddin dalam Kajian Ekokritik. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas ambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Dr. Sabhan, M.Pd.

 

Tujuan penelitian ini terbagi atas empat macam. Pertama, merepresentasikan wujud lingkungan alam dalam novel Qozan “Kembalikan Hutanku”karya Imogail Zam Zami Djalaluddin. Kedua, mendeskripsikan wujud kerusakan lingkungan alam dalam novel Qozan “Kembalikan Hutanku”karya Imogail Zam Zami Djalaluddin. Ketiga, mendeskripsikan wujud kelestarian lingkungan alam dalam novel Qozan “Kembalikan Hutanku”karya Imogail Zam Zami Djalaluddin. Keempat, mendeskripsikan wujud kearifan lokal dan peran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan alam dalam novel Qozan “Kembalikan Hutanku”karya Imogail Zam Zami Djalaluddin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif  kualitatif. Sumber data penelitian ialah novel Qozan “Kembalikan Hutanku” karya Imogail Zam Zami Djalaluddin. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang representasi lingkungan alam, wujud kerusakan lingkungan alam, wujud kelestarian lingkungan alam, wujud kearifan lokal, dan peran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan alam.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannyaekokritik sejumlah 81 kutipan, yang meliputi representasi lingkungan alam, wujud kerusakan lingkungan alam, wujud kelestarian lingkungan alam, dan wujud kearifan lokal yang ada di Sulawesi Tengah. Representasi lingkungan alam yang meliputi lingkungan hutan ada 20 kutipan dan lingkungan pantai ada 24 kutipan. Wujud kerusakan lingkungan alam yang terdiri dari 3 macam, yaitu air, udara, dan tanah ada 12 kutipan. Wujud kelestarian lingkungan alam di daerah pantai ada 6 kutipan. Wujud kearifan lokal berupa adat istiadat penduduk asli ada 11 kutipan dan bahasa daerah yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari ada 8 kutipan.

 

Kata kunci: kajian, ekokritik, novel Qozan

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI