DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Student Led Conference untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Jenjang Pendidikan SD, SMP dan SMA di Mitra Kasih School
PENGARANG:RIKY MURTONO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


ABSTRAK

 

RikyMurtono, 2022, Pelaksanaan Student Led Conference Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik Jenjang Pendidikan SD, SMP dan SMA Di Mitra Kasih School. Tesis, Program Studi Megister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I), Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd. M.Si. dan Pembimbing (II), Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. 

 

Kata Kunci: Student Led Conference, KarakterPeserta Didik, Studi Kasus, Mitra Kasih School

 

Keseriusan pemerintah untuk mengoptimalkan fungsi dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional di atas, antara lain tampak dari adanya kebijakan pendidikan karakter yang disuarakan sejak tahun 2003. Pendidikan karakter diharapkan agar diterapkan oleh semua satuan pendidikan secara terintegrasi dalam pembelajaran di kelas dan kultur sekolah.

Mitra Kasih School dalam program nya memiliki suatu model dalam upaya membangun karakter peserta didik nya yang dinamakan Student Led Conference, dalam observasi awal yang peneliti lakukan kepada tenaga pendidik di Mitra Kasih School Student Led Conference, dari sinilah peserta didik banyak belajar tentang bagaimana cara presentasi yang tepat kepada orang tua mereka tentang materi-materi yang telah mereka pelajari selama ini, belajar bagaimana harus membuat arsip yang rapi yang berkaitan dengan seluruh pembelajaran mereka di sekolah, belajar untuk lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan kedua orangtua mereka.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif, karena permasalahan belum jelas, seperti munculnya holistik, kompleks, dinamis dan penuh makna. Dengan menggunakan metode kualitatif maka data yang didapat akan lebih lengkap, lebih mendalam dan lebih bermakna sehingga tujuan penelitian dapat dicapai. metode ini digunakan karena peneliti ingin mengetahui gambaran Student Led Conference di Mitra Kasih School dan cara membangun karakter peserta didik di Mitra Kasih School melalui Student Led Conference.

Hasil kesimpulan bahwa proses pelaksanaan Student Led Conference memberikan kesempatan kepada siswa, guru dan orang tua untuk mengetahui sejauh mana target siswa dalam proses pembelajaran. Student Led Conference membantu guru melihat perkembangan siswa dalam bidang akademik. Pelaksanaan Student Led Conference membuat siswa dapat memilih pembelajaran mana yang mereka minati dan Student Led Conference melahirkan karakter siswa yang terdiri dari kejujuran, rasa tanggung jawab, demokratis, rasa ingin tahu dan rasa percaya diri. Student Led Conference juga membuat siswa dapat mengembangkan kemampuannya sesuai apa yang dia inginkan dan membuat orang tua menjadi tahu bagaimana karakter dari anaknya agar orang tua dapat membantu anaknya dalam menentukan target apa yang ingin mereka capai kedepannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI