DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Pemerintah Desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dalam Usaha Pengembangan Badan Usaha Milik Desa
PENGARANG:Ummi Husna
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


ABSTRAK

Ummi Husna, 1810413120018, Strategi Pemerintah Desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dalam Usaha Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dibawah bimbingan Bapak Husein Abdurrahman.

        Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi pemerintah desa Sungai Mandala Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam usaha pengembangan BUMDes. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi sekaligus responden dalam penelitian ini berjumlah 33 orang yang terdiri dari pemerintah desa, anggota BPD, pengelola BUMDes, dan penerima layanan BUMDes. Adapun, analisis data yang digunakan, yaitu mean dan median.

        Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penelitian terdapat 6 dimensi yang digunakan sebagai upaya untuk mengetahui strategi pemerintah desa dalam usaha pengembangan BUMDes. Dimensi tersebut, yaitu (a) Tujuan (Purpose), dalam dimensi ini memuat mengenai pengembangan BUMDes, (b) Lingkungan (Environment), dalam dimensi ini pengembangan BUMDes dapat diketahui berdasarkan pada lingkungan internal dan lingkungan eksternal organisasi, (c) Pengarahan (Direction), pada dimensi ini memuat hal tentang pemerintah desa memberikan bimbingan atau arahan kepada pengelola BUMDes dan kepada para penyewa toko yang berkenaan dengan BUMDes, (d) Tindakan (Action), pengembangan BUMDes dapat diketahui pada dimensi ini berdasarkan pada hal yang berkenaan dengan pemeliharaan dan pengembangan yang menyangkut perihal BUMDes, (e) Pembelajaran (Learning), dimensi ini berkenaan dengan tahap menganalisis dan mengevaluasi pengembangan BUMDes, dan yang terakhir dimensi (f) Pengembangan BUMDes, pada dimensi ini memuat pengembangan unit usaha BUMDes idealnya bertumpu pada potensi dan kondisi lokal serta lebih berorientasi pada proses yang partisipatif, pengembangan BUMDes bukan hanya pada strategi pemecahan permasalahan saja, tapi sampai pada strategi rencana tindak pengembangan unit usaha, dan pengembangan BUMDes hendaknya melibatkan seluruh stakeholder, baik komponen masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha.

 

Kata Kunci: Strategi, Pemerintah Desa, Pengembangan BUMDes

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI