DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN PADA UD. SUMBER TIRTA MAS BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD RAFI NAUFAL ZIAR ALAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan masukan, saran atau solusi bagaimana pencatatan dan penilaian persediaan barang  dagang pada UD. Sumber Tirta Mas Banjarmasin agar sesuai dengan SAK EMKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, sumber data berasal dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan teknik analisa data adalah analisa kualitatif.

UD. Sumber Tirta mas selama ini belum menerapkan pencatan dan penilaian persediaan sebagaimana mestinya. Pencatatan yang dilakukan UD. Sumber Tirta Mas masih menggunakan bentuk yang sederhana dan tidak adanya kartu persediaan atau kartu stock yang dapat mengontrol keluar masuknya persediaan barang dagang. Oleh karena itu diperlukan adanya kartu persediaan dan adanya sistem pencatatan dan penilaian persediaan pada UD. Sumber Tirta Mas Banjarmasin.

Hasil dari penelitian menggunakan metode perpetual-FIFO menunjukkan bahwa persediaan akhir pada UD. Sumber Tirta Mas Banjarmasin periode 28 Februari 2022 yaitu pada persediaan kemasan galon senilai Rp 4.920.000, pada kemasan gelas Rp 266.050 dan pada kemasan botol 1500ml senilai Rp 537.747.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI