DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA PADA BIDANG ADMINISTRASI DI DESA PEPARA KECAMATAN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER
PENGARANG:RINDA ISLAMIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-28


ABSTRAK

 

Rinda Islamika, 1710413620049, 2022. “Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa Pada Bidang Administrasi Di Desa Pepara Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser”. Di bimbing oleh Mahyuni.

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pemerintahan desa pada bidang administrasi Di Desa Pepara Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser.

Dalam penelitian ini mengarah pada dimensi dari Zeithaml, Berry dan Parasuraman untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan pemerintahan desa. Tipe penelitiannya ini ialah deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ialah survey. Populasi dari penelitian ini yaitu 686 orang. Sampel adalah masyarakat desa pepara, sebanyak 87 responden. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis dimensi dan total keseluruhan.

Berdasarkan hasil penelitian akan menguraikan hasil kuesioner yang dilaksanakan dengan 14 indikator dan 17 pertanyaan buat mendapatkan rinci data dan hasil penelitiaan.  Menurut perhitungan frekuensi dan presentase dalam bentuk analisis per-dimensi untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pemerintahan desa  yaitu,  Tangibles yang terdiri dari 4 indikator berada dalam kategori tinggi di interval 1.351-1.740,  Reliability terdiri dari 4 indikator berada atas kategori sangat tinggi di interval 1.468-1.740,  Responsiviness yang terdirii dari 2 indikator berada dalam kategori tinggi di interval 691-870,  Assurance terdiri dari 4 indikator berada pada kategori sangat tinggi di interval 1.486-1.740,  Empathy yang terdiri dari 3 indikator berada atas kategori interval 1.115-1.305. Total keseluruhan dari dimensi tingkat kualitas pelayanan pemerintahan desa menunjukkan bahwa termasuk dalam katetgori tinggi yaitu interval 6.111-7.395.

Saran untuk instansi Kantor Desa Pepara untuk dapat terus melakukan peningkatan-peningkatan pada sistem pelayanan dan membangun kualitas pelyanan tersebut dengan optimal sehingga menghasilkan kepuasan yang akan memberikan pengaruh positif kepada Kantor Desa Pepara dan mempertahankan kedisiplinan  aparatur dalam melaksanakan pelayanan publik terhadap masyarakat guna mewujudkan pelayanan yang efektif.

 

 

 

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Pemerintahan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI