DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN UMKM OLAHAN IKAN DALAM EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:DONA EKA LOVIANIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


UMKM pada suatu daerah sangat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup karena eksistensinya yang cukup dominan dalam bidang Sumber Daya Alam (SDA) dan padat karya yang berperan dalam ekonomi masyarakat. Seperti halnya UMKM olahan ikan di Kelurahan Banua Anyar. Olahan ikan termasuk bagian dari UMKM yang dapat mengembangkan ekonomi masyarakat Kelurahan Banua Anyar karena dekat dengan sektor perairan tempat bahan baku ikan. Meskipun demikian masih sedikit masyarakat memanfaatkan ikan sebagai sumber penghasilan yang akan dideskripsikan beserta aktivitas ekonomi yang berlangsung, serta kaitannya dengan sumber belajar IPS berdasarkan tujuan penelitian : 1) Bagaimana aktivitas ekonomi usaha olahan ikan di Kelurahan Banua Anyar, 2) Bagaimana peran UMKM olahan ikan bagi perekonomian masyarakat Kelurahan Banua Anyar, 3) Bagaimana peran UMKM olahan ikan di Kelurahan Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pencarian pengertian mendalam mengenai suatu gejala, peristiwa, fakta, dan realita di lapangan serta metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilakukan pula analisis data dengan tahapan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini berisikan bahwa dalam UMKM olahan ikan terdapat kegiatan ekonomi yang meliputi aspek produksi, disribusi, serta konsumsi serta berperan dalam ekonomi masyarakat terutama pada pengelola usaha olahan ikan dalam beberapa hal berdasarkan pembagian kebutuhan manusia dalam aktivitas yang dilakukan seperti (1) kebutuhan saat ini, yaki kebutuhan yang dikeluarkan saat ini seperti kebutuhan dapur, tagihan listrik, air, biaya pulsa, dan lain-lain, (2) kebutuhan di masa yang akan datang, seperti kebutuhan yang direncanakan berupa pendidikan anak, naik haji, hingga dirancang untuk kebutuhan masa tua, (3) kebutuhan tidak terduga, yakni  kebutuhan akan tabungan yang akan dikeluarkan secara tidak terduga atau darurat seperti biaya sakit. Maka peran UMKM dalam pemenuhan kebutuhan tersebut adalah 1) sebagai sumber penghasilan, 2) Menciptakan lapangan pekerjaaan, dan 3) mengembangkan keterampilan masyarakat. Kemudian berperan dalam dunia pendidikan yakni dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang dikembangkan dalam materi kelas VII pada pembelajaran pemenuhan kebutuhan masyarakat yang berisikan sub bahasan mengenai produksi, distribusi, dan konsumsi serta manfaat kreativitas dalam berwirausaha.

Kata kunci : Peran UMKM, Ekonomi Masyarakat, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI