DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN PADA TOKO BANGUNAN PEDULI DINGSANAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Akhmad Subairi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


 

ABSTRACT

 

Akhmad Subairi (2022), Evaluation of the Merchandise Inventory Accounting Information System at Toko Bangunan Peduli Dingsanak, Barito Kuala District. Advisor: H. Rano Wijaya, SE, M.Si, M.Fin, CMA (Aus), CBV, CIBA.

 

            This study aims to determine the test and analysis of Inventory Accounting Information Systems with PIECES analysis (performance, information, economics, control, efficiency, service) and system requirements analysis.

 

            This research was a descriptive qualitative research with primary data types obtained through interviews, observation, and documentation. The subjects of this study amounted to three people. While the object of this research was the Inventory Accounting Information System that was applied.

 

            The results of this study indicate that the Accounting Information System technology used by Toko Bangunan Peduli Dingsanak, namely Zahir Accounting, has fulfilled two aspects of TAM theory, namely the perception of usefulness and the perception of ease of use. During the analysis, two variables were found to be deficient. First, it is known that the performance analysis carried out on the sales, purchase, returns and stock taking procedures on the Zahir Accounting application used did not have any problems, because basically this application already provides these features. However, in practice the stock taking has never been carried out. Second, it is known that the analysis carried out on inventory information generated by the system in terms of sales, purchases, returns and stock taking is good enough in presenting information. However, in its implementation, deficiencies were found in the offline sales section. Sometimes there is information that is not conveyed which causes a difference in inventory. Meanwhile, in the analysis of system requirements, it is known that the system used now is quite helpful.

 

 

 

Keywords: Accounting Information System, Merchandise Inventory, PIECES Analysis, System Requirements Analysis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRAKSI

 

Akhmad Subairi (2022), Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagangan pada Toko Bangunan Peduli Dingsanak Kabupaten Barito Kuala. Pembimbing: H. Rano Wijaya, SE, M.Si, M.Fin, CMA (Aus), CBV, CIBA

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji dan analisa Sistem Informasi Akuntansi Persediaan dengan analisis PIECES (performance, information, economics, control, efficiency, service) dan analisis kebutuhan sistem.

 

          Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis data primer yang didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah Sistem Informasi Akuntansi Persediaan yang diterapkan.

 

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teknologi Sistem Informasi Akuntansi yang digunakan oleh Toko Bangunan Peduli Dingsanak yaitu Zahir Accounting sudah memenuhi dua aspek teori TAM yaitu persepsi kebermanfaatan dan persepsi kemudahan penggunaan. Pada saat dilakukan analisis ditemukan kekurangan pada dua variabel. Pertama, performance diketahui bahwa analisis yang dilakukan pada prosedur penjualan, pembelian, retur dan stock opname pada aplikasi Zahir Accounting yang digunakan tidak ada masalah yang terjadi, karena pada dasarnya aplikasi ini sudah menyediakan fitur tersebut. Akan tetapi, pada pelaksanaannya stock opname tidak pernah dilakukan. Kedua, information diketahui bahwa analisis yang dilakukan pada informasi persediaan yang dihasilkan oleh sistem dari segi penjualan, pembelian, retur dan stock opname sudah cukup baik dalam menyajikan informasi.  Akan tetapi, pada pelaksanaannya ditemukan kekurangan pada bagian penjualan offline. Terkadang ada informasi tidak tersampaikan yang menyebabkan terjadinya selisih persediaan. Sedangkan pada analisis kebutuhan sistem yang dilakukan diketahui bahwa sistem yang digunakan sekarang sudah cukup membantu.

 

 

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Persediaan Barang Dagangan, Analisis PIECES, Analisis Kebutuhan Sistem.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI