DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA MUNING BARU KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:Noor Helmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


ABSTRAK

 

 

NOOR HELMAH, 1810413320002, 2022. “Strategi Badan Usaha Milik Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan” di bawah bimbingan Bapak Mahyuni.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Informan penelitian adalah Kepala Desa Muning Baru, Direktur BUMDes Surya Mitra Sehati, Sekretaris BUMDes Surya Mitra Sehati dan 2 orang tokoh masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori J. Winardi (2003) yang mengemukakan berbagai strategi pada suatu organisasi yaitu tujuan atau sasaran organisasi, kebijakan dan tindakan pokok atau program.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan berjalan dengan baik. Dilihat dari tujuan atau sasaran organisasi BUMDes Surya Mitra Sehati memberikan pelayanan terhadap kebutuhanmasyarakat desa yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat agar masyarakat sejahtera. Kebijakan BUMDes Surya Mitra Sehati dalam mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan atau pelatihan merupakan strategi dalam penggalian potensi lokal. Program dalam meningkatkan kreativitas semakin berkembang pemberdayaan melalui pendampingan atau pelatihan agar masyarakar berusaha secara mandiri, unit pinjaman BUMDes Surya Mitra Sehati membantu masyarakat untuk bisa menciptakan kesempatan berusaha dan membuka lapangan kerja agar masyarakat dapat sejahtera.

BUMDes Surya Mitra Sehati agar memberikan motivasi kepada masyarakat Desa Muning Baru dalam pemberdayaan masyarakat dalam perekonomian perdesaan yang mandiri, terlebih lagi untuk program-program yang sudah terbukti mempunyai dampak keberhasilan optimal. Kemudian untuk masyarakat yang diberdayakan agar lebih mengoptimalkan yang diberikan oleh BUMDes Surya Mitra Sehati agar masyarakat Desa Muning mendapatkan kesejahteraan secara merata.

 

 

 

 

Kata Kunci: Strategi, BUMDes, Pemberdayaan Masyarakat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI