DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), TALKING STICK, DAN MEDIA PAPAN METAMORFOSIS PADA SISWA KELAS IV SDN GANDARIA 1 BARITO KUALA
PENGARANG:DINA FERDIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


ABSTRAK

Ferdiana, Dina (2021) Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick dan Media Papan Metamorfosis Kelas IV SDN Gandaria 1 Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Muhsinah Annisa, S.Si, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Talking Stick, Media Papan Metamorfosis.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan siswa belum mampu berpikir kritis, belum berani mengemukakan pendapat dan suasana pembelajaran kurang menyenangkan. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Talking Stick, dan Media Papan Metamorfosis pada siswa kelas IV SDN Gandaria 1 Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa materi metamorfosis pada siswa kelas IV SDN Gandaria 1.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Gandaria 1 Barito Kuala yang berjumlah 10 orang siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa kemudian menggunakan data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara individu untuk hasil belajar kognitif dan nontes untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru pada pertemuan 4 memperoleh skor 97,72 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada pertemuan 4 memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat aktif.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan secara individu dan klasikal. Disarankan dengan penggunaan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning, Talking Stick dan Media Papan Metamorfofsis tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI