DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH ADIWIYATA DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN (Studi Multi Situs Pada SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai)
PENGARANG:BAIHAKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


ABSTRAK

Baihaki. 2022. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan (Studi MultiSitusPada SMA Negeri 1 Juai dan SMA Negeri 2 Juai. Tesis,Program Magister Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing : (I) Dr. A. Muhyani Rizalie, M.Si, (II) Dr. Ir. Agus Rifani Syaifuddin, M.M

Kata Kunci : Implementasi, Program Adiwiyata, Kurikulum Berbasis Lingkungan

 

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanimplementasiprogramsekolah Adiwiyata pada SMA Negeri 1 Juai danSMA Negeri 2 Juaimelalui pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yang meliputi kegiatan: (1)Penetapan kebijakanprogramadiwiyatadalambentuk kurikulum berbasis lingkungan. (2) Pelaksanaanprogramadiwayatadalambentuk kurikulum berbasis lingkungan. (3) Pihak-pihak siapa saja yang terlibat dalam program adiwiyata (4) Dampak program adiwiyata dalambentuk kurikulum berbasis lingkungan.

Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala sekolah, Ketua Tim Adiwiyata Sekolah, Guru, orang tua siswa dan siswa.Lokasipenelitiandi SMA Negeri 1 Juai danSMA Negeri 2 Juai.Teknikpengumpulandatadengantriangulasimelaluiwawancara, observasi, danstudi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program adiwiyata melalui  pelaksanaaan Kurikulum Berbasis Lingkungan melalui kegiatan perlindungandan pengelolaan lingkungan hidup pada sekolah SMA Negeri 1 Juai danSMA Negeri 2 Juai sudah melalui penetapan kebijakan yang telah termuat dalam visi, misi dan tujuan sekolah yang disusun dalam dokumen KTSP dan sudah dianggarkan dalam RKAS, struktur kurikulum sudah memuat mata pelajaran wajib, muatan lokal, pengembangan diri, pendidik sudah memiliki kompetensi yang diharapkan. Keterlibatan dengan pihak-pihak lain sudah terjalin dengan baik. Dampak yang dihasilkan berupa karya nyata yang menggambarkan pelestarian fungsi lingkungan hidup serta mencegah terjadinya pencemaran lingkungan yang sudah dikomunikasikan melalui media elektronik maupun non elektronik.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penetapan kebijakan yang termuat dalam visi, misi dan tujuan sekolah akan mencerminkan tujuan yang ingin dicapai serta penganggaran RKAS yang dapat mengakselerasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. (2)Pelaksanaan program adiwiyata sudah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan standar program adiwiyata. (3) Yang terlibat diantaranyaOrangtuasiswa/Komite sekolah, Dinas Lingkungan Hidup, sekolah-sekolah, pihak swasta dll dapat dimanfaatkan sekolah dalam membantu mensukseskan program adiwiiyata,sehinggasekolahmendapatkandukunganyangmaksimaluntukmenunjangdan meningkatkanpembelajaransecaraoptimal. (4) Dampak yang dihasilkan berupa karya nyata yang berkaitan dengan pelestarian fungsi lingkungan hidup.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI