DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan kepala desa dalam menggerakan partisipasi masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang
PENGARANG:HARDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


ABSTRAK

Hardi, 1920421310018, 2021. Kepemimpinan kepala desa dalam menggerakan partisipasi masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan di Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang. Dibawah bimbingan Budi Suriadi Selaku pembimbing I dan Siswanto Rawali selaku pembimbing II.

Kepemimpin kepala desa sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas jabatan sebagai kepala desa. Kepemimpinan terkadang dipahami sebagai kekuatan untuk menggerakkan dan mempengaruhi orang lain. Kepemimpinan sebagai sebuah alat atau proses untuk membujuk orang lain bersedia melaksanakan sesuatu secara suka rela. Desa Ramang kecamatan Banama Tingang juga memiliki permasalahan dalam meningkatkan pendapatan daerah Kabupaten Pulang Pisau dari sector Pajak Bumi dan Bngunan (PBB). Kepala Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang telah melakukan berbagai cara dan upaya agar wajib pajak mereka tepat waktu.Banyak surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) pajak bumi dan bangunan (PBB) di kabupaten tidak sampai kerumah wajib pajak.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan Kepala Desa dalam Menggerakan Partisipasi Masyarakat Untuk Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan Kepala Desa dalam Menggerakan Partisipasi Masyarakat Untuk Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang.

Metode yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data yaitu data primer dan data skunder. Teknik analisa data menggunakan analisis data wawancara, dokumentasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan Kepala Desa dan partisifasi masyarakat untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Desa Ramang Kecamatan Banama Tingang cukup baik namun masih ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni petugas pemungut pajak yang tidak tetap, kondisi desa, dan cara penyampaian Kepala desa Ramang yang kurang tegas dan meyakinkan.

Kata Kunci

:

Kepemimpinan, menggerakan, partisipasi, PBB

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI