DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KONSELING MODEL KIPAS MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER KERJA KERAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SELAMAT RIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


ABSTRAK

 

Selamat Riyadi. 2021. Efektivitas Konseling Model KIPAS Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Kerja Keras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Banjarmasin. Pembimbing (I) Bapak Akhmad Sugianto, S.Pd, M.Pd (II) Ibu Eklys Cheseda Makaria, M.Pd.

Kata Kunci : Konseling Model KIPAS, Teknik Self Management, Karakter Kerja Keras

Rendahnya nilai karakter kerja keras yang ditemukan pada beberapa siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Banjarmasin akan berdampak pada hasil belajar siswa.Untuk mengatasi rendahnya nilai karakter kerja keras solusi yang ditawarkan yaitu konseling model KIPAS setting kelompok menggunakan teknik self management. Karena itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan layanan konseling model KIPAS menggunakan teknik self management dalam membantu meningkatkan karakter kerja keras pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan jenis penelitian  eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dalam penggalian data menggunakan alat instrumen berupa angket, wawancara dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 177 orang. Sampel dalam Penelitian ini diperoleh dari angket karakter kerja keras dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, 3 orang masuk kedalam kelompok eksperimen dan 3 orang masuk kedalam kelompok kontrol dan teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney Test dengan hasil Asymp. Sig (2-tailed)/ Significance untuk uji dua sisi adalah 0,046 atau probabilitas di atas 0,05 (0,046 < 0,05) maka Ho ditolak, atau ada perbedaan antara kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment.

            Berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya konseling model KIPAS menggunakan teknik self management efektif dalam meningkatkan Karakter Kerja Keras siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Hasil penelitian ini terbukti bahwa layanan konseling model KIPAS menggunakan teknik self management efektif untuk meningkatkan karakter kerja keras pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Saran untuk peneliti selanjutnya bisa lebih mengembangkan lagi konseling model KIPAS yang kental akan budaya dalam pelaksanaan nya .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI