DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Konten Edukasi Matematika Jerome Polin Sijabat dalam #Jeromebahassoal di Media Sosial Instagram
PENGARANG:Fatimah Azzahra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-29


Fatimah Azzahra, 1810414120007, 2018, Analisis Konten Edukasi Matematika Jerome Polin Sijabat dalam #Jeromebahassoal di Media Sosial Instagram. Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti.

Jerome Polin Sijabat adalah salah satu dari sekian content creator yang sangat menarik dari content creator lainnya karena ia memiliki pengikuti lebih dari 6juta di media sosial instagram pribadinya. Jarang ditemukan konten edukasi matematika dengan durasi video yang pendek seperti Jerome Polin Sijabat. Maka, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan edukasi Jerome Polin Sijabat dalam analisis isi media Instagram untuk melakukan penyebaran konten edukasi matematika.

Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis semiotika John Fiske. Penelitian ini merujuk pada catatan dengan deskripsi kalimat yang rinci, lengkap, mendalam yang menggambarkan situasi yang sebenarnya guna mendukung penyajian data. Dengan menggunakan analisis isi kualitatif, data yang berupa konten-konten edukasi matematika Jerome Polin Sijbat di media sosial dikategorisasikan menjadi level realitas, level representatif, level ideologi, dan bentuk pesan.

Dari hasil penelitian, peneliti menemukan hasil yang menunjukkan kategori pesan edukasi dalam konten edukasi matematika Jerome Polin Sijabat. Pada level realitas Jerome Polin Sijabat digambarkan dengan penampilan yang sederhana dan bersemangat dalam menyampaikan kontennya. Pada level representasi ditunjukkan dengan pengambilan gambar pada konten tersebut sehingga mengetahui detail pada raut wajah dan gerak interaksi Jerome Polin Sijabat. Pada level ideologi, Jerome Polin Sijabat merupakan content creator yang penuh kreatifitas yang jarang ditemukan oleh orang. Pesan edukasi yang dihasilkan adalah bentuk pesan informatif karena memuat data dan fakta berupa rumus matematika.

 

Kata Kunci : Analisis Isi, Instagram, Konten Edukasi, Matematika, Semiotika John Fiske.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI