DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI SE KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:RISNA HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-30


ABSTRAK

Hidayati, Risna. 2022. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Motivasi Kerja dengan Kepuasan Kerja Guru SMP Negeri se Kabupaten Balangan.Tesis Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D, Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Budaya Kerja, Motivasi, Kepuasan

Penelitian ini dilatarbelakangi kepuasan guru SMP Negeri se-Kabupaten Balangan yang cukup beragam, sebab dipengaruhi oleh beragam faktor, diantaranya adalah kepemimpinan, budaya kerja dan motivasi kerja.

Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja guru SMP Negeri se-Kabupaten Balangan, 2) Hubungan kepemimpinan kepala sekolah secara langsung dengan kepuasan kerja; budaya kerja dengan kepuasan kerja; kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja guru; budaya kerja dengan motivasi kerja guru; motivasi kerja dengan kepuasan kerja guru; 3) hubungan tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah melalui motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru; dan budaya kerja melalui motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan analisis jalur. Populasi penelitian adalah semua guru SMP Negeri se Kabupaten Balangansebanyak 287 orang dengan sampel sebanyak 167 orang ditentukan menggunakan proportional Random Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokmentasi kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial melalui SPSS 26.

Hasil penelitian menunjukkan: 1)  Kepemimpinan kepala sekolah SMP masuk kategori sangat tinggi, sedangkan budaya kerja, kepuasan kerja dan motivasi kerja masuk kategori tinggi. 2) Terdapat hubungan langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja;  budaya kerja dengan kepuasan kerja;  kepemimpinan kepala sekolah dengan motivasi kerja; budaya kerja dengan motivasi kerja;  motivasi kerja dengan kepuasan kerja 3) Terdapat hubungan tak langsung antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kepuasan kerja melalui motivasi kerja; dan  budaya kerja dengan kepuasan kerja melalui motivasi kerja guru.

Kesimpulannya adalah kepemimpinan kepala sekolah dan budaya kerja memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi kerja dan kepuasan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saran:  Hendaknya  kepala sekolah lebih  banyak mennjukkan perilaku  yang dapat  menjadi teladan bagi seluruh warga sekolah, baik itu oleh peserta didik ataupun oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, misalnya dengan menunjukkan prilaku komunikatif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI