DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Aruh Baharin Relasi Sosial Masyarakat Adat di Pegunungan Meratus
PENGARANG:WILIAM KRISMON ADI PRANATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-30


Wiliam Krismon Adi Pranata, Aruh Baharin: Relasi Sosial Masyarakat Adat di Pegunungan Meratus (Pembimbing I Arif Rahaman Hakim dan Pembimbing II Khairussalam).

     Penelitian ini mengkaji tentang relasi sosial pada acara aruh baharin di Desa Kapul kec Halong Kabupaten Balangan. Aruh Baharin merupakan ritual tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat adat yang mendiami wilayah pegunungan Meratus. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui tentang proses berlangsungnya Aruh Baharin di Desa Kapul. (2) Mengetahui bentuk relasi sosial yang terbangun pada Aruh Baharin di Desa Kapul.

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian lapangan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam serta dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan/verifikasi.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa acara aruh baharin di Desa Kapul dilaksanakan selama 7 hari 7 malam dan dihadiri oleh Wawargaan selaku masyarakat kampung, Orang Wading selaku masyarakat adat kampung lain dan Orang Handai Haulan selaku tamu undangan.  Interkasi yang terbangun antara mereka tercipta dari nilai-nilai sosial dan religius tentang sikap yang toleransi, pesatuan yang kuat, gotong royong, serta nilai luhur kebersamaan. Nilai-nilai budaya di acara aruh baharin berpengaruh kuat dalam kehidupan sosial mereka dan membangun relasi sosial yang asosiatif.

 

Kata Kunci : meratus, aruh baharin, masyarakat adat, relasi sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI