DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI HUMAS POLDA KALIMANTAN SELATAN DALAM PENGELOLAAN INFORMASI KESEHATAN PADA MASA PANDEMI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
PENGARANG:DINA ROSIANA NAINGGOLAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-30


 

Bidang Humas Polda Kalimantan Selatan merupakan bagian penting dalam instansi kepolisian dalam pengelolaan informasi oleh Humas Polda Kalimantan Selatan saat ini dikatakan belum maksimal dalam mengelola informasi kesehatan di media instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Humas Polda Kalimantan Selatan dalam pengelolaan informasi kesehatan pada masa pandemi di media sosial instagram, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan pada Bidang Humas Polda Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan informasi kesehatan pada masa pandemi di media sosial Instagram dengan menggunakan konsep empat langkah public relations sebagai strategi yaitu menentukan masalah, perencanaan dan penyusunan kegiatan, melakukan aksi dan komunikasi, serta evaluasi yaitu Humas Polda Kalimantan Selatan menghadapi berbagai kendala, sehingga digunakan berbagai media sosial lain yang dapat menunjang kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat. Faktor pendukung dalam pengelolaan informasi kesehatan di media instagram yaitu staff Humas Polda Kalimantan Selatan dapat mengolah konten-konten berupa informasi kesehatan di instagram. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam mengelola sosial media, tidak adanya jabatan kepala bidang multimedia, dan adanya upaya-upaya dari pihak luar untuk mengambil alih akun instagram Humas Polda Kalimantan Selatan.

 

Kata Kunci: Strategi Humas, Pengelolaan Informasi, Kesehatan, Sosial Media, Instagram

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI