DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 TAMBAN
PENGARANG:AKHMAD NOORAHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-30


ABSTRAK

Akhmad Noorahim, NIM 1810122310038, 2022. “Survei Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik SMP Negeri 2 Tamban”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd. Pembimbing: (II) Dr. Sunarno Basuki, Drs. M.Kes., AIFO. 

Penelitian ini berupaya menggali secara detail dan mendalam yang bertujuan untuk mengetahui motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Di SMP Negeri 2 Tamban.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan pengumpulan datanya mengisi lembaran berupa angket dengan hasil pengukuran berupa skor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tamban. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Hal ini dilakukan karena mengingat banyaknya jumlah populasi, dalam pengambilannya dipilih dari 2 kelas yang ada. Dalam penelitian ini jumlah yang di ambil secara acak berjumlah 36 peserta didik.

Hasil penelitian dari distribusi frekuensi dan kategori pada motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas VIII A dan B di SMP Negeri 2 Tamban masuk dalam kategori sedang. Motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada kelas VIII A dan B di SMP Negeri 2 Tamban yang berada pada kategori “Sangat Tinggi” sebesar 8% dengan jumlah siswa 3 orang, kategori “Tinggi” sebesar 22% dengan jumlah siswa 8 orang, untuk kategori “Sedang” sebesar 33% dengan jumlah siswa 12 orang, untuk kategori “Rendah” sebesar 28% dengan jumlah siswa 10 orang, dan kemudian kategori “Sangat Rendah” sebesar 8% dengan jumlah siswa 3 orang.

Kata Kunci: Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik, Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI