DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI WILAYAH KELURAHAN ANTASAN KECIL TIMUR
PENGARANG:ERNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-06-30


Penelitian ini mengangkat tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Wilayah Kelurahan Antasan Kecil Timur. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah yang pertama mengenai partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah Kelurahan Antasan Kecil Timur. Kedua adalah faktor yang mempengaruhi kecenderungan masyarakat berpartisipasi dalam pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah Kelurahan Antasan Kecil Timur. Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan yang hijau, bersih dan sehat serta menguatkan inisiatif masyarakat dalam menjaga, memelihara dan meningkatkan fungsi lingkungan. Disamping itu, kemampuan masyarakat berkontribusi dalam pengelolaan sampah juga akan sangat tergantung kepada pendapatan masyarakat. Berdasarkan UU RI Nomor 18 Tahun 2008 dan PP RI Nomor 81 Tahun 2012 mengamanatkan perlunya perubahan paradigma yang mendasar dalam pengelolaan sampah yang bertumpu pada pengurangan dan penanganan sampah. Kegiatan pengurangan sampah bermakna agar seluruh lapisan masyarakat, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat luas melaksanakan kegiatan pembatasan timbulan sampah. pendauran ulang dan pemanfaatan kembali sampah atau yang lebih dikenal dengan sebutan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

 

Hasil penelitian pada penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan tentang partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di wilayah Kelurahan Antasan Kecil Timur, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Dapat disimpulkan bahwa, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Antasan Kecil Timur masih kurang baik.Hal tersebut dikarenakan kurangnya kesadaran warga masyarakat perihal pentingnya partisipasi. Terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi bentuk dan tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Antasan Kecil Timur Kota Banjarmasin yaitu bisa dilihat dari segi, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan.

 

Saran dari peneliti mengenai penelitian ini adalah yang pertama untuk membenahi dan memperbaiki bentuk dan sistem partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Antasan Kecil Timur.Kedua, melakukan sosialisasi / penyuluhan kepada masyarakat dan melakukan pembinaan perihal pemanfaatan sampah rumah tangga kepada masyarakat. Ketiga, perlunya sarana dan prasarana pendukung untuk mengelola sampah. Keempat, perlu sistem gotong royong dalam hal tenaga dan pembayaran urunan sampah.

 

Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pengelolaan, SampahRumah Tangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI