DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS SISTEM PENIRISAN TAMBANG TERBUKA BATUBARA DALAM RANGKA OPTIMALISASI SISTEM PEMOMPAAN DI PT SEMESTA CENTRAMAS, KABUPATEN BALANGAN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:EVRI FERDIANSYAH
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-07-31


Sistem penirisan tambang di PT Semesta Centramas menggunakan sistem kolam terbuka (open sump) dengan pemompaan tunggal. Kapasitas sump yang ada tidak mampu mengatasi debit limpasan yang masuk ke area tambang sehingga perlu dikaji kapasitas sump untuk mencegah air meluap ke arah penambangan batubara serta mengkaji sistem pemompaan untuk memompa air keluar dari sump secara efektif dan efisien.
Pada penelitian ini, perhitungan curah hujan rencana menggunakan distribusi log normal, perhitungan intensitas hujan menggunakan persamaan mononobe, penentuan luas catchment area menggunakan software pertambangan, perhitungan debit limpasan menggunakan metode rasional, perhitungan debit pemompaan berdasarkan metode discharge dan perhitungan kapasitas saluran menggunakan persamaan manning.
Hasil perhitungan curah hujan rencana adalah 123,63 mm, hasil perhitungan intensitas hujan adalah 5,15 mm/jam, luas catchment area adalah 54,24 ha, hasil perhitungan debit limpasan adalah 0,698 m3/s, hasil perhitungan debit pemompaan dengan total debit sebesar 733 m3/jam, dan hasil perhitungan kapasitas saluran sebesar 3,94 m3/s. Dengan hasil ini, maka perlu dilakukan perluasan sump dan pengoptimalan sistem pemompaan.
Kata Kunci : open sump, limpasan, pemompaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI