DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI IKLIM ORGANISASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA GURU SDN DI KECAMATAN MARTAPURA KOTA
PENGARANG:YUSRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-01


ABSTRAK

 

Yusrina. 2022. Kontribusi Iklim Organisasi dan Kecerdasan Emosional melalui Kompetensi Profesional terhadap Efektivitas Kerja Guru SDN di Kecamatan Martapura Kota. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd. (II) Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci:iklim organisasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional, efektivitas kerja guru

 

Penelitian ini di latar belakangi kefektifan kerja guru yang rendah, tampak dari fenomena beberapa guru yang tidak dapat bekerja dengan hasil sesuai dengan target yang ditentukan oleh sekolah, tidak dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sehingga tejadi penumpukkan kerja, dan tidak hadir setiap hari di sekolah jika tidak ada jam mengajar. Efektivitas kerja guru dipengaruhi beberapa faktor antara lain iklim organisasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional guru.

Penelitian ini menggunakan empat variabel, yang bertujuan untuk: (1)mendeskripsikan tentang iklim organisasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional dan efektivitas kerja guru, (2) menganalisis kontribusi: (a) iklim organisasi terhadap efektivitas kerja guru, (b) kecerdasan emosional guru terhadap efektivitas kerja guru, (c) kompetensi profesional guru terhadap efektivitas kerja guru, (d) iklim organisasi terhadap kompetensi profesional guru, (e) kecerdasan emosional guru terhadap kompetensi profesional guru, (f) tak langsung iklim organisasi terhadap efektivitas kerja guru melalui kompetensi profesional guru, (g) tak langsung kecerdasan emosional terhadap efektivitas kerja guru melalui kompetensi profesional guru 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian adalah 300 orang guru SDN di Kecamatan Martapura Kota. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling sebanyak 171 orang guru. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, dan  dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS 22

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Iklim organisasi, kecerdasan emosional, kompetensi profesional kategori tinggi, sedangkan efektivitas kerja guru kategori sangat tinggi (2) terdapat kontribusi langsung: (a) iklim organisasi terhadap efektivitas kerja  guru, (b) kecerdasan emosional terhadap efektivitas kerja  guru, (c) kompetensi profesional  terhadap efektivitas kerja  guru, (d) iklim organisasi terhadap kompetensi profesional guru, (e) kecerdasan emosional terhadap kompetensi profesional  guru, (3) terdapat kontribusi tidak langsung: (a) iklim organisasi guru melalui kompetensi profesionalterhadap efektivitas kerja, (b) kecerdasan emosional guru melalui kompetensi profesional terhadap efektivitas kerja  guru. 

Berdasarkan hasil penelitian tesebut disarankan, bagi guru SDN di Kecamatan Martapura Kota meningkatkan efektivitas kerja serta mempertahankandan kecerdasan emosional, dan kompetensi profesionaldalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga akan tumbuh iklim organisasi dalam bekerja. Dengan suasana kerja yang bersahabat, saling membantu antara sesama rekan kerja dan memiliki iklim organisasi yang tinggi dalam bekerja maka efektivitas kerja bagi guru akan lebih baik lagi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI