DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI DAERAH LAHAN BASAH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN BUMI MAKMUR
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY NUR IKHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-01


ABSTRAK

Muhammad Rizky Nur Ikhsan, NIM A1D115022, 2022.Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Daerah Lahan Basah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bumi Makmur. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Herita Warni, M.Pd. Pembimbing: (II) Akhmad Amirudin, S.Pd., M.Pd.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di daerah lahan basah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bumi Makmur.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan lembar observasi dilingkungan lahan basah dengan teknik menghitung sarana dan prasarana pendidikan jasmani di daerah lahan basah yang ada di SMP Negeri di Kecamatan Bumi Makmur. Dilakukan dengan metode survei agar dapat melihat kesesuaian sarana dan prasarana berdasarkan Peraturan Menteri No 24 tahun 2007. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Bumi Makmur. Sampel yaitu SMP Negeri 1 dan 2 di Kecamatan Bumi Makmur.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan  Kesehatan Di Daerah Lahan Basah Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Bumi Makmur” untuk sarana PJOK di SMP Negeri 1 Bumi  Makmur Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut, dalam kategori  “Kurang” dan untuk prasarananya kategori “Baik”. Kemudian untuk sarana PJOK di SMP Negeri 2 Bumi Makmur Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut dalam kategori “Baik” dan untuk prasarananya kategori “Kurang”. Untuk ketersediaan sarana PJOK SMP Negeri 1 Bumi Makmur yaitu 31.25%. Sedangkan untuk sarana PJOK SMP Negeri 2 Bumi Makmur yaitu 44.12%. Maka dapat disimpulkan bahwa ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMP Negeri Kecamatan Bumi Makmur masih dalam keadaan belum tercukupi.

Kata Kunci: Ketersediaan Sarana dan Prasarana, PJOK dan Lahan Basah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI