DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PJOK MELALUI WHATSAPP GROUP SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMPN 6 MARTAPURA PADA KELAS IX
PENGARANG:Rida Rianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-01


ABSTRAK

Rida Rianti, 2022. Efektivitas Pembelajaran PJOK Melalui WhatsApp Group Selama Pembelajaran Daring Di SMPN 6 Martapura Pada Kelas IX. Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Herita Warni, M.Pd. (II) Dr. Ma’ruful Kahri, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PJOK melalui WhatsApp Group selama pembelajaran daring di SMPN 6 Martapura pada kelas IX.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan sampel penelitian peserta didik kelas IX di SMPN 6 Martapura sebanyak 121 peserta didik.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan kemudian dianalis dengan metode analisis data statistik deskriptif berupa pemusatan data (mean, median, modus), penyebaran data (range, simpangan rata-rata, varians, dan Simpangan Baku).

Dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik penyebaran angket atau kuesioner. Hasilnya digambarkan dalam bentuk diagram batang dan dokumentasi.

Data yang terkumpul selama penelitian adalah data kasar tentang efektivitas pembelajaran PJOK melalui WhatsApp Group selama pembelajaran daring di SMPN 6 Martapura pada kelas IX. Hasil penelitian berdasarkan  Indikator Angket yakni  11% Sangat Tinggi, 19% Tinggi, 26% Sedang, 44% Rendah, 0% Kategori Sangat Rendah. Lalu 10% yaitu 12 dari 121 peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, 13% yaitu 16 dari 121 peserta didik berada pada ketegori tinggi, 48% yaitu 58 dari 121 peserta didik berada pada kategori sedang, 28% yaitu 34 dari 121 peserta didik pada kategori rendah, dan 1% yaitu 1 dari 121 peserta didik berada pada kategori sangat rendah.

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK melalui WhatsApp Group selama pembelajaran daring di SMPN 6 Martapura pada kelas tidak efektif.

 

Kata Kunci : Efektivitas, WhatsApp Group, Pembelajaran PJOK, Pembelajaran Daring

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI