DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KEBUN BUNGA 3
PENGARANG:I Dewa Made Purdiyante
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-02


Kurangnya media pembelajaran mengakibatkan pendidik kesulitan menampilkan contoh nyata dalam materi bangun ruang. Permasalahan tersebut memicu peneliti dalam mencari solusi agar terciptanya pembelajaran yang berinovasi. Melalui pengembangan media Augmented Reality diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan media Augmented Reality pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kelas V SDN Kebun Bunga 3, (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kebun Bunga 3 setelah menggunakan media Augmented Reality pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang. Penelitian pengembangan media Augmented Reality ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan metode pengembangan 4D oleh Thiaragajan (1974). Tahap pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination yang telah dimodifikasi menyesuaikan dengan keperluan.

Berdasarkan hasil penilaian kedua ahli media dapat diperoleh dari validator I sebesar 97% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian kedua ahli materi dapat diperoleh dari validator I sebesar 95% dengan kategori “sangat layak” dan validator II sebesar 68,3% dengan kategori “layak”, peningkatan hasil belajar siswa mendapat nilai gain sebesar 0.67 dengan kategori “Sedang”. Dari hasil penelitian data disimpulkan bahwa video pembelelajaran Ilmu Pengetahuan alam layak digunakan sebagai video pembelajaran bagi siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, media Augmented Reality, materi matematika kelas V, bangun ruang

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI