DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VII SMPN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HASBY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-02


 

ABSTRAK

            Penelitian ini dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 dimana pembelajaran diterapkan secara tatap muka terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan mobile learning berbasis android pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMPN 1 Banjarmasin. Penelitian ini mengunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Four D models). Model 4-D memiliki 4 tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Penilaian produk dinilai oleh dua ahli media dan dua ahli materi serta respon dari 20 orang peserta didik. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 86%, penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 96%, dan dari respon peserta didik mendapat rata-rata skor 81%. Kemudian pada tahap disseminate yang di ujicobakan kepada 10 orang peserta didik kelas VII SMPN 1 Banjarmasin untuk meningkatkan minat belajar menghasilkan nilai rata-rata minat awal 44,4 dan minat akhir 49,8. Berdasarkan hasil rata-rata minat awal dan minat akhir yang dinormalisasikan didapatkan nilai rata-rata gain dengan nilai 0,35 yang termasuk kedalam kategori sedang. Sehingga mobile learning berbasis androidyang telah dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas VII SMPN 1 Banjarmasin dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Model 4-D, mobile learning berbasis android, mata pelajaran IPA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI