DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA KEPALA DESA DALAM PEMBANGUNAN DESA LEMO I KECAMATAN TEWEH TENGAH KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:MUHAMMAD KHATAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-02


ABSTRAK

Muhamad Khatami, D1B115430: “Kinerja Kepala Desa dalam Pembangunan Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara”. Di bawah bimbingan Andi Tenri Sompa (pembimbing I) dan Mahyuni (Pembimbing II).

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kinerja Kepala Desa dalam pembangunan Desa Lemo I Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis, perindikator, perdimensi, dan skor total kesueluruhan untuk mengukur variabel kinerja Kepala Desa.

Berdasarkan hasil analisis diskriptif menunjukkan bahwa variabel kinerja kepala desa Lemo I dengan persentase setiap dimensi yaitu kualitas kerja yaitu dengan skor 1644 atau 84,4 % termasuk kriteria memenuhi melampui harapan. Pada dimensi ketepatan waktu mendapatkan skor 235 atau 78,33 % yang termasuk dalam kriteria memenuhi persyaratan. Pada dimensi inisiatif mendapatkan skor 666 atau 88,8 % termasuk dalam kriteria melampui harapan. Kemudian pada dimensi kemampuan mendapatkan skor 543 atau 90,5 % temasuk dalam kriteria melampui harapan. Terakhir dimensi komunikasi mendapatkan skor 664 atau 88,5 % termasuk kriteria melampui harapan. Kemudian analisis total skor keseluruhan dari variabel kinerja Kepala Desa Lemo adalah mendapatkan skor 3752 atau 86,25 % termasuk kriteria melampaui harapan. Maka berdasarkan hasil analisis skor total keluruhan kinerja Kepala Desa Lemo I sudah baik dengan kriteria melampui harapan. Namun pada dimensi ketepatan waktu mendapat persentase terendah yaitu 78,33 % dengan kriteria memenuhi syarat, hal ini menunjukkan fakta bahwa masyarakat menilai masih ada kekurangan dalam ketepatan waktu dalam pembangunan desa.

Saran kepada   Kepala Desa bersama-sama Aparatur Desa agar lebih memperhatikan pelaksanaan pembangunan, dengan terus mengawasi setiap progres agar tetap sesuai jadwal pembangunan yang telah direncanakan. Perlunya inisiatif masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan pembangunan dengan memberikan masukan atau kritik terhadap proses pembangunan agar pemerintah desa dapat menindaklanjuti (follow up) progres pembangunan di desa. Pemerintah Desa juga perlu memaksimalkan kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk meningkatkan pendapatan Asli Desa untuk percepatan Pembangunan yang ada di Desa Lemo I.

 

Kata Kunci : Kinerja, Pembangunan, Desa Lemo I

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI