DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019
PENGARANG:SITI MAYSARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-02


ABSTRAK

 

Siti Maysarah 1710412220024, 2022, Pengaruh Return On Investment (ROI)dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Dibimbing oleh Hj. Nurul Wahyuni.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji pengaruh secara parsial dan simultan Pengaruh Return On Investment (ROI)dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Harga saham Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Sampel yang digunakan yaitu laporan keuangan tahunan Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 dengan teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan menggunakan teknik dokumentasi dalam mengumpulkan data. Sedangkan, teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26.0

Hasil penelitian berdasarkan uji parsial (uji T) bahwa Return On Investment (ROI) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham yaitu (0,008 < 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 10,40%. Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham yaitu (0,000 < 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 40,63%. Serta, berdasarkan uji secara simultan (uji F) bahwa Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham yaitu (0,000 < 0,05) dengan besar pengaruh sebesar 51%.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Return On Investment (ROI) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Harga Saham.

 

 

Kata Kunci : Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS) dan Harga Saham.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI