DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 BANJARMASIN
PENGARANG:HARTANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-02


 

 

 

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Animalia kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D).Dalam model pengembangan penelitian ini peneliti memilih model Borg and Gall.

 

Hasil penelitian menunjukan pengembangan multimedia pembelajaran mata pelajaran Biologi materi Animalia kelas X di SMA Negeri 8 Banjarmasin menggunakan tahapan pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu Research and Information Collecting (Penelitian dan Pengumpulan Informasi), Planning (Perencanaan), Develop Preliminary Form a Product (Pengembangan Produk Awal), Preliminary Field Testing (Uji Coba Lapangan Awal), Main Product Revision (Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Awal), Main Field Testing (Uji Coba Lapangan Sedang), Operational Product Revision (Revisi Hasil Uji Coba Lapangan Sedang), Operation Field Testing (Uji Coba Pelaksanaan Lapangan), Final Product Revision (Revisi Produk Akhir), dan yang terakhir Dissemination and Implementation (Diseminasi dan Implementasi).

 

Selain itu hasil juga menunjukan bahwa media pembelajaran dibuat serta dirancang dengan layak untuk digunakan pada mata pelajaran Biologi. Hasil validasi oleh 2 orang ahli media dan 2 orang ahli materi menjadi tolak ukur kelayakan media.hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli media adalah 97% dengan kategori sangat layak. Sedangkan ahli materi memberikan nilai 86% dengan kategori sangat layak. Oleh sebab itu, pengembangan multimedia ini dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI