DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NILAI PENGETAHUAN PJOK KOMPETENSI DASAR (3.3 DAN 4.3) PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BARABAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING
PENGARANG:M. JARWO ABDILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-03


ABSTRAK

M. Jarwo Abdillah, NIM 1810122110027, 2022 Meningkatkan hasil belajar nilai

pengetahuan PJOK kompetensi dasar (3.3 dan 4.3) peserta didik kelas XI

SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model inquiry learning. Skripsi

Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H.

Muhammad Mulhim, M.Pd pembimbing (II) Arie Rakhman, S.Pd., M.Pd.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai pengetahuan peserta

didik kelas XI SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model pembelajaran

inquiry learning.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Penggunaan

jenis penelitian eksperimen pada pendidikan akan dihadapkan pada permasalahan

yang menyangkut subyek penelitian. Penelitian jenis eksperimen dalam bidang

pendidikan pada umumnya dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas

pembelajaran.

Populasi pada penelitian ini adalah SMAN 2 Barabai. Sedangkan sampel pada

penelitian ini adalah kelas XI Mipa 3 SMAN 2 Barabai. Jumlah peserta didik

kelas XI Mipa 2 SMAN 2 Barabai adalah 29 orang, diantaranya 10 laki-laki dan

19 perempuan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat di ambil kesimpulan bahwa

model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar nilai

pengetahuan peserta didik. Model pembelajaran inquiry learning merupakan

model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam mencari, menemukan,

menyelidiki sesuatu pada pembelajaran sehingga peserta didik berfikir kritis yang

membuat peserta didik lebih mudah dalam menyerap pengetahuan.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI