DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NILAI PENGETAHUAN PJOK KOMPETENSI DASAR (3.3 DAN 4.3) PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BARABAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING | |
PENGARANG | : | M. JARWO ABDILLAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-07-03 |
ABSTRAK
M. Jarwo Abdillah, NIM 1810122110027, 2022 Meningkatkan hasil belajar nilai
pengetahuan PJOK kompetensi dasar (3.3 dan 4.3) peserta didik kelas XI
SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model inquiry learning. Skripsi
Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H.
Muhammad Mulhim, M.Pd pembimbing (II) Arie Rakhman, S.Pd., M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai pengetahuan peserta
didik kelas XI SMAN 2 Barabai dengan menggunakan model pembelajaran
inquiry learning.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Penggunaan
jenis penelitian eksperimen pada pendidikan akan dihadapkan pada permasalahan
yang menyangkut subyek penelitian. Penelitian jenis eksperimen dalam bidang
pendidikan pada umumnya dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran.
Populasi pada penelitian ini adalah SMAN 2 Barabai. Sedangkan sampel pada
penelitian ini adalah kelas XI Mipa 3 SMAN 2 Barabai. Jumlah peserta didik
kelas XI Mipa 2 SMAN 2 Barabai adalah 29 orang, diantaranya 10 laki-laki dan
19 perempuan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat di ambil kesimpulan bahwa
model pembelajaran inquiry learning dapat meningkatkan hasil belajar nilai
pengetahuan peserta didik. Model pembelajaran inquiry learning merupakan
model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam mencari, menemukan,
menyelidiki sesuatu pada pembelajaran sehingga peserta didik berfikir kritis yang
membuat peserta didik lebih mudah dalam menyerap pengetahuan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI