DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA GULAT DI KABUPATEN TANAH LAUT TAHUN 2021/2022
PENGARANG:SYAHRUL RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-03


ABSTRAK

SYAHRUL RAMADHAN, 2018, NIM 1810122110024. “Analisis Pembinaan Cabang Olahraga Gulat Di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021/2022”. Skripsi Program Studi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. Sofyan, M. Pd. Pembimbing: (II) Norma Anggara, S. Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Analisis Pembinaan Cabang Olahraga Gulat Di Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021/2022”.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian dengan memberikan gambaran tentang fakta-fakta tanpa memanipulasi dan sebagaimana adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah cabang olahraga gulat yang ada di gulat Kabupaten Tanah Laut meliputi pelaksanaan pembinaan, program latihan, peran pelatih, sarana dan prasarana serta kondisi kepengurusan.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah secara analisis organisasi Pengcab PGSI Kabupaten Tanah Laut sudah tersusun secara rapi dan terstruktur. Proses kepelatihan di cabang olahraga gulat Kabupaten Tanah Laut sudah baik, mempersiapkan pembinaan menuju PORPROV XI Kalimantan Selatan di Hulu Sungai Selatan tahun 2022. Dari segi pendanaan sudah baik karena sumber dana berasal dari pemerintah daerah, KONI, dan DISPORA Tanah Laut. Dapat disimpulkan bahwa pembinaan yang dilakukan di cabang olahraga gulat di Kabupaten Tanah Laut tahun 2021/2022 sudah berjalan dengan baik namun masih ada beberapa faktor yang menghambat yaitu dari sarana dan prasarana jumlahnya yang sangat terbatas. Sehingga saran untuk pembinaan cabang olahraga gulat di Kabupaten Tanah Laut kelengkapan sarana dan prasarana untuk lebih menunjang lagi latihan atlet dan juga pihak pelatih melakukan pemantauan terhadap perkembangan atlet baik fisik, teknik dan psikis atlet, dan dari segi pendanaan kurang mencukupi sehingga pelatih PGSI Kabupaten Tanah Laut semaksimal mungkin mengatur dan mengelola dana.

Kata Kunci : Analisis, Pembinaan, Cabang Olahraga Gulat, dan Atlet

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI