DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGAYAAN MATERI POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA PADA BUKU TEKS KELAS VII
PENGARANG:SARIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


ABSTRAK

Sariyah. 2021. Pengayaan Materi Potensi Sumber Daya Alam Dan Kemaritiman Indonesia Pada Buku Teks Kelas VII. Skripsi program studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing  I : Dr. Deasy Arisanty, M.Sc Dan Pembimbing II : Akhmad Munaya Rahman, M.Pd.

Buku teks yang disusun harus sesuai dengan standar kurikulum. Hal ini bertujuan memenuhi kebutuhan dalam kegiatan belajar, sehingga dapat membantu peserta didik dalam mempelajari serta memahami materi pembelajaran. Materi yang ada pada buku teks pastinya harus sesuai dengan KI (Kompetensi Inti), dan KD (Kompetensi Dasar) sehingga dapat memenuhi SKL.

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan materi pembelajaran, serta menganalisis terhadap kesesuaian materi pada buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Metode yang digunakan yaitu studi literatur, yang merupakan metode dengan mengumpulkan data dan menelusuri informasi maupun sumber yang dianggap relevan dan layak untukdigunakan. Pencarian data dilakukan melalui google scholar, dengan menggunakan kata kunci sehingga  mendapatkan data yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data primer yang digunakan adalah Buku Teks Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII  Bab I Semester I Edisi Revisi 2018 diterbitkan oleh Kemendikbud, sedangkan sumber data sekunder yaitu jurnal, artikel, dan sebagainya.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian menunjukkan bahwa buku teks Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII Semester I Edisi Revisi 2018. Materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII yang menyediakan beberapa sub tema, salah satunya Potensi Sumber Daya Alam Dan Kemaritiman Indonesia. Materi pada poin A mendeskripsikan berbagai potensi sumber daya alam yang tersebar di negara Indonesia antara lain : 1) potensi sumber daya hutan, 2) potensi sumber daya tambang. Pada materi ini menjelaskan jenis kayu dan tambang, manfaat atau fungsi dari tambang dan hutan, serta persebaran sumber daya alam tersebut. Materi selanjutnya menjelaskan Potensi Kemaritiman Indonesia yang meliputi : 1) perikanan, 2) hutan mangrove, 3) terumbu karang. Poin B mendeskripsikan  pengayaan atau pengembangan mengenai potensi sumber daya alam di Indonesia dan sumber daya alam yang ada di Kalimantan Selatan, seperti potensi sumber daya alam rawa, tambang, hutan serta terumbu karang

 

                                  

Kata Kunci : Buku Teks, Potensi Sumber Daya Alam dan Kemaritiman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI