DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, E-filing, Relawan Pajak, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan (Studi Empiris Pada KPP Pratama Banjarmasin)
PENGARANG:Abdurrahman Hilmi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-07-04


Abdurrahman Hilmi (2022). “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, E-filing, Relawan Pajak, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan (Studi Empiris Pada KPP Pratama Banjarmasin)”. Pembimbing: Dra. Sustinah Limarjani, SH, MM, Ak, CA.

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan perpajakan, e-filing, relawan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi karyawan. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengtahuan perpajakan, e-filing, relawan pajak, dan sanksi perpajakan, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi karyawan.

 

Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Banjarmasin. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi karyawan berdasarkan rumus Slovin. Data primer digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS 27. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-filing dan relawan pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi karyawan, pengetahuan perpajakan dan sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi karyawan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Perpajakan, e-filing, Relawan Pajak, Sanksi Perpajakan, Kepatuhan Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI